Ini Pesan Prof Syawal Gultom untuk Alumni Unimed

Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed), Prof Dr Syawal Gultom,M.Pd.(Foto/MEDANmerdeka)
Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed), Prof Dr Syawal Gultom,M.Pd.(Foto/MEDANmerdeka)

MEDAN - Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed), Prof Dr Syawal Gultom,M.Pd mengingatkan lulusan Unimed agar memiliki 7 mentalitas dalam merespon revolusi industri 4.0.

Pesan ini disampaikannya dalam acara wisuda 608 jenjang lulusan S3,S2,S1 dan D3, yang berlangsung di Gedung Serbaguna Unimed, Selasa (11/6/2019).

Ditegaskan Prof Syawal, mentalitas yang harus dimiliki lulusan pertama adalah mutu, yakni sikap mental yang lebih mementingkan kualitas daripada kuantitas.

Yang kedua, mentalitas altrustik, seorang lulusan harus memiliki mental yang mengajarkan dan mengamalkan ilmu yang ia miliki. Yang ketiga adalah lulusan Unimed harus memiliki mentalitas mendidik yang dicerminkan dari cara mendidik yang menjadi teladan bagi semua orang.

Mentalitas keempat yang harus dimiliki lulusan menurut Prof Syawal yakni mentalitas pembelajar sepanjang hayat. “Jangan pernah berhenti belajar.Jadilah pembelajar yang tangguh,” tegasnya.

Yang kelima adalah memiliki mentalitas pengabdian dan keenam, memiliki mentalitas kreatif dan inovatif. Sedangkan yang ketujuh, yakni mentalitas etis.

Masalah etika dalam kehidupan bermasyarakat perlu lebih diperhatikan secara serius oleh lulusan, karena jika tidak akan menyebabkan hilangnya hikmah sebagai seorang profesional.

“Menghadapai era revolusi 4.0 kita harus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiiki mainset digital. Untuk menghadapi era revolusi industri itu bukan sekedar teknologi atau infrastrukturnya tetapi memindahkan mainset manual ke mainset digital dan itu tidak mudah. Contoh mainset digital itu sensitif terhadap error, mainset digital itu harus tepat waktu dan sangat disiplin,” tambah Prof Syawal.

Dikatakannya mengubah culture, mengubah mainset manual ke mainset digital itu persoalan tidak mudah.”Untuk menghadapi industri 4.0 ini kita harus memigrasikan culture kita ini yaitu memindahkan mainset manual ke digital. Dimana mainset digital itu adalah orang orang disiplin, tepat waktu dan sangat memanfaatkan data,” terang Mantan Kepala BPSDMPK-PMP Kemendikbud ini.

Dijelaskan Prof Syawal bahwa Unimed telah berupaya keras agar lulusan bisa kompetitif di masyarakat dengan mengembangkan kurikulum berorientasi baru.

“Kita kembangkan pembelajaran yang respon terhadap literasi data, yang mampu menggunakan big data di dunia digital. Kita juga perkuat literasi teknologi,” ucap Prof Syawal.

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga