oleh

Kegiatan CFD Kembali Dibuka di Lapangan Merdeka Medan

Medanmerdeka.com – Pemko Medan kembali menggelar Car Free Day (CFD) di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (8/7/2018).  Meski lapangan bersejarah itu masih dipenuhi panggung maupun stand perhelatan Pesta Kuliner namun tidak menghalangi keinginan warga untuk berolahraga.

Seribuan warga dengan antusias dan penuh semangat mengikuti serangkaian kegiatan olahraga yang digelar dalam rangka mengedukasi masyarakat agar mengurangi pencemaran udara yang disebabkan emisi gas buang kenderaan bermotor tersebut.

Namun kali ini senam jantung sehat yang selama ini menjadi primadona CFD tidak digelar lantaran kondisi lapangan tidak memungkinkan. Sebagai gantinya warga pun memanfaatkan space  yang tersisa  untuk jogging, jalan santai maupun senam untuk merenggangkan otot-otot tubuh. Di samping itu  ada juga yang bersepeda maupun menggunakan peralatan olahraga di pinggiran Lapangan Merdeka.

Sedangkan bagi warga yang hobi berlari, mereka menggunakan sebagian jalan yang mengelilingi Lapangan Merdeka sebagai  lintasannya. Setiap kali CFD, sebagian jalan seputaran Lapangan Merdeka memang ditutup mulai pukul 06.00 sampai 10.00 WIB  agar masyarakat dengan tenang dan nyaman berolahraga, terutama lari.

Di samping berolahraga, suasana CFD juga dimanfaatkan sejumlah masyarakat maupun organisasi serta komunitas untuk melaksanakan kegiatan  sosial seperti pelayanan kesehatan diantaranya cek gula darah, kolesterol, asam surat serta tensi. Kehadiran mereka langsung dimanfaatsejumlah warga, usai berolahraga, warga pun mendangi untuk memeriksakan kesehatannya.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi mendukung penuh digelarnya CFD. Agar kegiatan ini diminati masyarakat, Wali kota pun minta kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan agar terus melakukan inovasi. “Jangan monoton dan menjemukan. Isi dengan berbagai kegiatan sehingga masyarakat tertarik ikut CFD,” kata Wali Kota.

Dikatakan Wali Kota, CFD merupakan kegiatan yang digelar sebagai sosialisasi untuk menggugah kesadaran masyarakat agar mengurangi ketergantungan menggunakan kenderaan bermotor. Selain menyebabkan polusi udara, kenderaan bermotor juga memicu terjadinya kemacetan.

“Untuk itulah melalui CFD, kita mengajak masyarakat untuk menguranggi penggunaan kenderaan bermotorsehingga dapat mengurangi polusi udara maupun kemacetan.  Selain itu juga  melalui CFD, kita mengajak masyarakat untuk gemar berolahraga agar tubuh senantiasa sehat dan bugar,” ungkapnya.(amri/mm)

 

 

Komentar

News Feed