Kepling Tangkap Tangan Pencuri Kabel Lampu Jalan

CURI KABEL: Seorang pria bernama Jon Parudi , 47, Pria asal Tanah Merah, Binjai ini tertangkap tangan sedang mencuri kabel lampu jalan di Jalan TB Simatupang, persisnya di depan Perguruan Al Wasliyah.(foto: Ist/MM)

Medanmerdeka.com –  Aksi nekat dilakukan seorang pria bernama Jon Parudi (47). Pria  asal Tanah Merah, Binjai itu tertangkap tangan mencuri kabel lampu jalan di Jalan TB Simatupang, persisnya depan Perguruan Al Wasliyah,  Jumat sore (2/11/2018).

Namun aksi  nekatnya itu dipergoki kepala lingkungan (kepling) setempat. Pria berpostur kurus itu selanjutnya digelandang ke Polsekta Medan Sunggal untuk menjalani pemeriksaan.

Informasi dihimpun dari lapangan menyebutkan, perbuatan Jon awalnya tidak diketahui. Dengan tenang pria mengenakan baju kaos lengan panjang biru itu mencuri kabel lampu jalan dengan cara menggergajinya. Namun aksinya mengundang curiga kepling.

Selain terus menerus jongkok, gelagat Jon juga mencurigakan karena tangannya terus bergerak layaknya orang yang sedang menggergaji. Kepling langsung mendatanginya untuk melihat apa yang sedang dilakukan Jon di pinggir Jalan TB Simatupang. Betapa terkejutnya sang kepling, sebab Jon ternyata sedang memotong kabel lampu jalan dengan menggunakan gergaji besi.

Sang kepling pun langsung menghentikan aksi pelaku. Setelah diintrogasi, Jon mengaku kabel lampu jalan itu diambil untuk dijual.

Selain membahayakan bagi warga yang melintas karena potongan kabel lampu jalan masih dialiri listrik, tindakan Jon pun menyebabkan lampu jalan mati. Tanpa kompromi lagi, kepling bersama beberapa warga menyerahkan pelaku ke Polsekta Medan Sunggal.

Penangkapan pria pencuri kabel lampu jalan mendapat apresiasi penuh dari Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan HM Husni. Sebab, tindakan pria itu mengganggu upaya dinasnya dalam menerangkan seluruh jalan di Kota Medan.

Dengan penangkapan tersebut, Husni menduga, pelakunya tidak hanya Jon seorang. Pasti ada pelaku-pelaku lain yang sampai saat ini belum tertangkap tangan.

“Saya rasa pelakunya tidak hanya Jon saja, saya menduga masih ada yang lainnya. Sebab, banyak sekali lampu jalan mati meski sudah kita perbaiki, termasuk diganti bolanya sekalipun. Padahal kita terus berupaya menyalakan seluruh lampu jalan yang ada di Kota Medan. Sebab, lampu jalan padam rentan terjadinya tindak kriminal,” kata Husni.

Oleh karenanya atas nama seluruh jajaran Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Husni mengucapkan terima kasih atas penangkapan  Jon, pelaku pencurian kabel lampu jalan oleh salah seorang kepling. Dia berharap langkah sang kepling bisa diikuti oleh kepling maupun warga lainnya.

Pasalnya tindakan pencurian kabel lampu jalan,  jelas Husni, selain menyebakan lampu jalan padam, juga membahayakan warga sekitarnya karena kabel bekas potongan masih dialiri listrik.

“Apabila kepling maupun warga mau melakukan pengawasan, insya Allah tidak ada lagi yang berani mencuri kabel listrik. Kalau hanya mengharapkan kita, sulit melakukannya. Selain tuntutan tugas yang harus segera diselesaikan, jumlah pegawai kita pun tidak cukup untuk melakukan pengawasan di seluruh Kota Medan.  Tentunya partisipasi dari masyarakat seperti ini sangat kita harapkan sekali,” harap Husni. (mm)

Comment