MTQ ke-51 dan FSN ke-40 Dibuka Plt Bupati Deliserdang

Medanmerdeka.com – Musabaqah Tilawatul Quran (MTQ) ke 51 dan Festival Seni Nasyid (FSN) ke-40 Kabupaten Deliserdang Tahun 2018, di Lapangan Candra Dimuka, Desa Kelumpang Kebun, Kecamatan Hamparan Perak resmi dibuka Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars.

Informasi diperoleh Rabu (28/3/2018) menyebutkan, pembukaan MTQ dan FSN ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Ketua DPRD Deliserdang Ricky Prandana Nasution bersama Plt Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars, Wakil Ketua TP PKK Ny Hj Asdiana Zainuddin, Sekdakab Darwin Zein, Ketua Dharma Wanita Herawati Darwin Zein, Asisten I Setdakab Dedi Maswardi serta peninjauan Stand Pameran Pembangunan MTQ.

Pada acara tersebut, Plt Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars melantik Dewan Hakim yang berjumlah 86 orang dan menyerahkan trofi bergilir MTQ dan FSN kepada panitia untuk diperebutkan kembali disaksikan para undangan seperti para Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas/Badan, Camat se Deliserdang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, masyarakat serta undangan lainnya.

Plt Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars dihadapan ribuan masyarakat yang menghadiri pembukaan MTQ dan FSN mengatakan rasa gembira dan bangganya bahwa pembukaan MTQ dan FSN ini diawali dengan Pawai Ta’aruf dan Pameran Pembangunan MTQ diikuti banyak peserta ternyata mendapat sambutan sangat meriah dari masyarakat muslim maupun non muslim disekitar lokasi.

“Saya juga mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak atas peran serta mensukseskan acara ini, itu dikarenakan acara ini dari tahun ke tahun semakin baik pelaksanaannya MTQ dan FSN di Kabupaten Deliserdang itu sebagai bentuk semangat kebersamaan kita untuk mensukseskan MTQ dan FSN ini,” kata Zainuddin Mars.

Zainuddin Mars juga merasa bangga dikarenakan dalam pembukaan MTQ dan FSN kali ini pembacaan ayat suci Alquran adalah seorang Camat yaitu Camat Galang Ismail. Dirinya juga berharap tahun depan ada Kepala Dinas membaca Alquran dalam pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Deliserdang ini membuktikan bahwa semua mencintai nilai-nilai keagamaan.

“MTQ seperti ini tidak sekedar menyelenggarakan secara seremonial tetapi kita ingin membangkitkan semangat cinta kepada Alquran, Karena itu harus diberikan contoh oleh kita semua, karena itu kita semua harus menjadi pelopor,” ujar Zainuddin Mars.

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara MTQ dan FSN tingkat Kabupaten Deliserdang tahun 2018 Asisten I Setdakab Dedi Maswardi menjelaskan bahwa pelaksanaan MTQ dan FSN yang berlangsung hingga Jumat (30/3/2018) diikuti oleh 966 Qori- Qoriah dan FSN termasuk official, sementara Dewan Hakim berjumlah 86 orang.

Sedangkan Cabang MTQ diperlombakan meliputi cabang cabang Tilawatil Qur’an, Hifsil Qur’an, Tafsir Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Khat Al Qur’an, makalah ilmiah Alquran, Qiraat Sabaah Mujawwad dan Murattal, Grup Seni Nasyid Putra-Putri.(ardy/mm)

 

Comment