Dana Kompensasi Reklamasi Pelindo 1

Nelayan Belawan Bahari Tuding Distanla Kota Medan Pilih Kasih

MEDAN - Warga nelayan Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, tuding Distanla Kota Medan yang dinilai pilih kasih, terkait penetapan nelayan penerima dana kompensasi reklamasi Pelindo 1. Sabtu (25/05/2019).

Para nelayan pukat langgei, jaring dan pukat layang ini memprotes tak mendapatkan dana kompensasi atau tali asih dampak dari kegiatan reklamasi Pelindo 1 yang telah diverifikasi pihak Distanla Kota Medan.

Dikatakan warga nelayan sebelumnya mereka sudah terdaftar bahkan berkas kami sudah diajukan, namun sampai sekarang tidak mendapatkan dana kompensasi.

"Sementara ada yang bukan nelayan malah mendapatkan dana kompensasi sebesar Rp3 Jutaan," ungkap Bayu Andika didampingi Budiman, Sateri dan Ramadhan, mewakili warga nelayan langgei di Kelurahan Belawan Bahari ditemui di tangkahan nelayan.

Prihatin melihat kondisi warga nelayan yang tak dapat dana kompensasi atau tali asih reklamasi, Abdul Rahman selaku Ketua Aliansi Nelayan Selat Malaka mengatakan nelayan akan memperjuangkan hak masyarakat nelayan karena masyarakat nelayan Belawan Bahari juga terkena dampak reklamasi Pelindo 1.

Pihaknya mendesak Dinas Pertanian Kelautan (Distanla) kota Medan guna memverifikasi ulang data warga nelayan Belawan Bahari yang telah diajukan.

Karena mereka menduga verifikasi yang telah dilakukan terindikasi pilih kasih dan tak tepat sasaran dan diduga hanya untuk kepentingan oknum tertentu.

Lanjut Abdul Rahman didampingi para warga nelayan sembari mengancam dan mereka akan mengelar aksi demo ke kantor Distanla Medan serta Pelindo 1, apa bila aspirasi mereka tak ada tindak lanjutnya.

Penulis: Awal Yatim
Editor: Redaksi

Baca Juga