Pemko Medan Bangun Rumah Sakit Type C di Medan Utara

Medanmerdeka.com– Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Tipe C di Jalan Kol L Yos Sudarso Km 19, Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan, Rabu (19/9/2018).

Kehadiran rumah sakit ini nantinya diharapkan  dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, terutama bagi warga di kawasan Medan bagian Utara. Di samping itu untuk mengurangi membludaknya pasien di RSUD dr Pirngadi Medan, sehingga pelayanan kesehatan yang diberikan dapat lebih maksimal.

Dengan peletakan batu pertama ini, Pemko Medan melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (DPKP2R) Kota Medan memulai pembangunan rumah sakit.

Selain peletakan batu pertama, pembangunan ditandai dengan pemasangan tiang pancang yang dilakukan langsung Wali Kota didampingi unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan seperti Dandim 0201/BS Letkol Inf Yuda Rismansyah dan Danlanud Soewondo Kol PNB Dirk Poltje Lengkey.

Dikatakan Wali Kota, Rumah Sakit Tipe C ini direncanakan akan dibangun 8 lantai dengan dilengkapi dua buah lift, basement dan ruang parkir yang cukup memadai dengan total luas bangunan sekitar 13.539 M2. Waktu pengerjaan ditaksir selama 560 hari kalender  dengan menggunakan dana APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2018/2019.

“Dengan peletakan batu pertama ini, pembangunan Rumah Sakit Tipe C dimulai. Insya Allah pembangunannya selesai tahun depan (2019). Kehadiran rumah sakit ini nantinya kita harapkan  dapat menampung pelayanan kesehatan masyarakat Kota Medan, khususnya wilayah utara Kota Medan,” kata Wali Kota.

Pembangunan Rumah Sakit Tipe C, tegas Wali Kota, sebagai salah satu wujud komitmen Pemko Medan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sebab, kesehatan merupakan bagian penting  karena terkait dengan peningkatan kualitas, harkat dan martabat masyarakat dalam kerangka pembangunan secara keseluruhan.

Oleh karenanya kehadiran Rumah Sakit Tipe C ini nantinya, jelas Wali Kota, dapat memperluas pendekatan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekaligus percepatan pembangunan  di wilayah utara Kota Medan.

“Selain itu pembangunan rumah sakit ini dilakukan sebagai upaya mengurangi membludaknya pasien yang berobat di RSUD Dr Pirngadi, sehingga pelayanan kesehatan yang diberikan dapat lebih maksimal,” jelasnya.

Di hadapan Plh Sekda Kota Medan Wirya Al Rahman, Letkol Drg Yeti Triatni mewakili Danlantamal I Belawan, anggota DPRD Medan H T Bahrumsyah, M Yusuf dan Hj Hamidah, Kadis DPKP2R Sampurno Pohan, pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, camat dan tokoh masyarakat, Wali Kota mengatakan, keberhasilan pembangunan kesehatan dilakukan Pemko Medan tidak akan berhasil tanpa adanya sinergitas dan dukungan penuh dari stakeholder serta seluruh lapisan masyarakat.

“Untuk itulah saya harapkan kita semua dapat saling bekerjasama sehingga pembangunan Rumah Sakit Tipe C dapat berjalan dengan lancar, serta mampu mewujudkan keinginan kita untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Medan, terkhusus warga yang bermukim di utara Kota Medan,” harapnya.

Kemudian Wali Kota menambahkan, selesai dibangun, Rumah Sakit Tipe C akan dilengkapi dengan fasilitan dan peralatan kesehatan yang baik sehingga dapat mendorong peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Kemudian didukung dengan petugas medis yang terlatih dan dokter berkualitas sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat.

Usai memberikan sambutan, Wali Kota selanjutnya meletakkan batu pertama dan pemasangan tiang pancang disertai penekanan tombol sirine. Kemudian dilanjutnya dengan peninjauan sekitar lokasi sekaligus melihat maket Rumah sakit Tipe C. Wali Kota berharap agar proses pembangunan sesuai dengan waktu yang ditargetkan sehingga tahun depan Rumah Sakit Tipe C sudah dapat dioperasikan.

Sebelumnya Kadis DPKP2R Sampurno Pohan dalam laporannya memaparkan, pembangunan Rumah Sakit Tipe C dilakukan  dalam rangka mewujudkan program Medan Rumah Kita  yang merupakan visi dan misi Wali Kota yakni memberikan pelayanan kesehatan yang murah, terjangkau dan dekat dengan kawasan rumah penduduk.

Menurut Sampurno, Rumah Sakit Tipe C nanti  akan diarahkan melayani masyarakat yang bermukim di 4 kecamatan Medan bagiuan Utara yakni Kecamatan Medan Labuhan , Medan Deli, Medan Marelan dan Medan Belawan.

Dijelaskannya, Rumah Sakit Tipe C akan dibangun di atas lahan seluas 8.128,08 M2  yang dulunya merupakan eks Puskesmas Pekan Labuhan  setelah dilakukan perluasan.“Pembangunan Rumah Sakait Tipe C akan kita lakukan dengan sebaik mungkin dan menjadi tepat pelayanan kesehatan yang benar-benar representatif. Untuk pembangunannya kita lakukan dengan disain dan konstruksi terbaik,” papar Sampurno.(am/mm)

Comment