Pemko Medan Gelar Pendidikan & Pelatihan Pembinaan Karakter Pemuda

PEMUDA: Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi yakin kekuatan pemuda hingga kini masih terus teruji. Pemuda merupakan generasi penerus sebuah bangsa, kader bangsa dan masyarakat serta keluarga.(foto: Ist/MM)

Medanmerdeka.com - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  yakin kekuatan pemuda hingga kini masih terus teruji. Pemuda merupakan generasi penerus sebuah bangsa, kader bangsa dan masyarakat serta keluarga. Di samping itu pemuda juga selama ini selalu diidentikan dengan perubahan serta siap mengembangkan Kota Medan tercinta.

Keyakinan ini disampaikan Wali Kota diwakili Kadispora Kota Medan Marah Husin Lubis ketika membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Karakter Bagi Pemuda 2018 di  Hotel Saka Jalan Ring Road Medan, Kamis (13/12/2018). Sebanyak 100 pemuda yang berasal dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Panca Marga mengikuti pelatihan tersebut.

“Saya sangat berbangga hati karena dapat melihat jiwa-jiwa muda yang mengikuti pelatihan ini siap menggebrak dengan pemikiran dan tindakan nyata. Saya pribadi sangat menaruh perhatian terhadap perkembangan organisasi kepemudaan. Pemuda bagi saya adalah harta dan kekuatan untuk membangun,” kata Wali Kota.

Dikatakan Wali Kota, dirinya merasa senang  sekali jika para pemuda aktif dan selalu memberikan sumbang pemikirannya kepada perkembangan Kota Medan ke depannya. “Tidak hanya saya, Presiden Soekarno sendiri meletakkan pemuda sebagai motor pendobrak perubahan bangsa,” ungkapnya.

Lebih jauh Wali Kota memaparkan, sejarah telah mencatat kiprah pemuda yang tak kenal waktu selalu berjuang dengan penuh semangat biarpun jiwa raga menjadi taruhannya. Indonesia merdeka, tegas Wali Kota, berkat pemuda-pemudi Indonesia yang berjuang seperti Ir Soekarno, M Hatta, Sutan Syahrir, Bung Tomo maupun lainnya dengan penuh semangat perjuangan.

Selanjutnya Wali Kota mengungkapkan pandangannya, peranan pemuda dalam sosialisasi bermasyarakat saat ini sungguh menurun drastis. Dulu bilang Wali Kota, biasanya setiap ada kegiatan masyarakat seperti kerja bakti, acara keagamaan maupun adat istiadat,  pemudalah yang berperan aktif  mensukseskannya. Namun pemuda saat ini lebih suka dengan kesenangan, selalu bermain-main dan  tidak kenal dengan  kepala lingkungan tempat tinggalnya.

“Saya yakin pemuda yang menjadi peserta pelatihan ini merupakan pemuda peduli dan siap bergerak untuk Kota Medan. Jadi saya berharap melalui kegiatan ini, peserta yang berasal dari organisasi pemuda bersungguh-sungguh dalam mengembangkan diri. Semoga pemuda mengikuti kegiatan ini menjadi insan berkarakter, berbudi luhur dan siap mengembangkan Kota Medan tercinta,” pungkasnya.

Adapun tujuan kegiatan pelatihan kepemudaan ini digelar untuk mendidik dan melatih para pemuda sebagai generasi penerus bangsa  agar memiliki karakter, semangat juang yang tinggi, mandiri, berdaya saing dan berwawasan kebangsaan. Pelatihan ini berjalan dua hari mulai 13-14 Desember.

Sebagai narasumber, Dispora Kota Medan selaku penyelenggara kegiatan mendatangkan Direktur Eksekutif Citra Mandiri, Kanwil kementrian Pertahanan Sumut, Pimpinan Cabang Pemuda Panca Marga Kota Medan dan Arkana Outbound. Diharapkan, kegiatan ini dapat melahirkan pemuda yang berkarakter dan siap mendukung pembangunan di Kota Medan.(mm)

Penulis:

Baca Juga