oleh

Pemko Medan Luncurkan Call Center 119 Standar WHO

MEDAN – Masyarakat Kota Medan yang membutuhkan layanan medis mulai sekarang tidak perlu risau lagi. Cukup hubungi call center tanggap darurat Public Safety Center (PCS) 119, mobil ambulance berikut petugas medis tiba di lokasi memberikan pertolongan tanggap darurat tanpa dipungut biaya apapun.

Program layanan PSC 119 ini diluncurkan Wali Kota Medan, Drs.H.T.Dzulmi Eldin,S.MSi didampingi Kadis Kesehatan Kota Medan, drg Usma Polita, kemarin di Jalan Ibus Raya Medan.

Dikatakan Wali Kota, pelayanan kesehatan ini merupakan upaya yang diselenggarakan pemerintah untuk memelihara dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

“Kehadiran layanan PCS 119, maka pelayanan kesehatan masyarakat Kota Medan semakin membaik dari sebelumnya, apalagi bisa langsung mendapatkan layanan ambulance berikut tenaga medis, dengan begitu maka derajat kesehatan masyarakat meningkat,” tegas Dzulmi Eldin, yang juga dihadiri jajaran Dinas Kesehatan Medan, camat  se-Kota Medan, perwakilan rumah sakit.

Dikatakan Wali Kota, layanan PSC 119 ini merupakan komitmen Pemko Medan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Untuk itu, Wali Kota berharap agar masyarakat dapat menikmati layanan ini secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya apa pun.

Untuk tercapainya layanan PSC 199,  wali kota mengharapkan semua pihak yang terlibat agar dapat bekerjasama dengan baik dan ikhlas, sebab ini merupakan pekerjaan yang mulia. “Kita ini pelayan masyarakat, jadi sudah sepantasnya kita melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Pemko Medan akan terus berupaya meningkatkan pelayanan, baik itu menyangkut sarana maupun prasarananya serta koordinasi sehingga pelayanan kesehatan terhadap masyarakat berjalan dengan lancar dan efektif.

“Dengan menghubungi nomor kesehatan ini, masyarakat cepat mendapat bantuan saat berada dalam kondisi gawat darurat. Sesuai dengan standar yang diterapkan WHO, penanganan terhadap kondisi gawat darurat harus sudah dilakukan paling lama 15 menit,” terang Kadis Kesehatan Kota Medan, drs.Usma Polita. (tyo)

News Feed