KPU Medan Anggarkan

Rp65 Miliar Untuk Pemilihan Wali Kota 2020

MEDAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mengganggarkan Rp65 miliar untuk kegiatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota Medan pada September 2020.

Anggaran ini dituangkan dalam Rencana Anggaran Belanja (RAB) APBD Kota Medan yang tengah dibahas bersama dengan Pemko Medan.
Demikian Ketua KPU Medan Agussyah Damanik didampingi Komisioner Rinaldi Khair kepada wartawan ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (12/7/2019).

"Anggaran ini masih berupa rancangan dan belum final, jadi masih bisa berubah. Disesuaikan dengan Peraturan KPU RI. Ditargetkan finalisasi anggaran Oktober 2019 dengan dilakukannya penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Pemko Medan,"tukasnya saat ini pihaknya tengah rapat koordinasi sambil mempelajari untuk efesiensi anggaran itu.

Setelah itu nantinya akan dilaksanakan uji publik. Jika nanti ada perubahan petunjuk teknis (juknis) terkait Pilkadanya ini pihaknya akan segera melakukan penyesuaian dan perbaikan.

Acuan

Lebih lanjut disampaikannya dalam penyusunan anggaran ia mengacu pada pelaksanaan Pilgubsu lalu.

"Kami targetkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kota Medan 3.200 lokasi dengan asumsi jumlah pemilih perTPS berjumlah 400-800 pemilih," katanya sembari menyampaikan asumsi jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgubsu lalu yakni 1,6 juta jiwa.

Sedangkan persentase pembagian alokasi anggaran ini, 50 persen anggaran panitia adhoc, selebihnya anggaran logistik dan sosialisasi.

Dalam kesempatan itu, Agussyah juga mengutarakan dalam penyusunan anggaran ini mereka mengacu dan juga berdasarkan prediksi jumlah kepala daerah yang bakal tampil dalam Pilkada Medan ini yakni delapan pasangan calon, empat jalur parpol selebihnya independen.

Penulis: Ahmad Rizal
Editor: Redaksi

Baca Juga