Pekan Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan

TORNADO, Toner Wajah Berbahan Dasar Kulit Rambutan

Tim Pekan Kreativitas Mahassiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) Unimed yang berhasil menciptakan kulit rambutan sebagai toner untuk kesehatan wajah.(Foto/Ist)
Tim Pekan Kreativitas Mahassiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) Unimed yang berhasil menciptakan kulit rambutan sebagai toner untuk kesehatan wajah.(Foto/Ist)

MEDAN - Masih sedikit yang mengetahui bahwa buah dengan nama latin Naphelium lappaceum ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan kulit.

Oleh mahasiswa Unimed Medan, kulit rambutan ini diolah menjadi toner wajah. Tim mahasiswa Unimed ini lolos pendanaan Pekan Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) yang dibimbing oleh Dr. Hasruddin, M.Pd.

Mereka-mereka yang terlibat dalam penelitian masing-masing, Ketua Novianti Panjaitan (Bilingual Biology), Adinda Rahma Jelita Nasution (Bilingual Biologi), Habibi Syahputra Pane (Pend. Biologi), Eunike Algrea (Manajemen), dan Verawaty Theresita Butar-Butar (Bilingual Biology).

Ketua peneliti, Novianti Panjaitan, mengatakan  metode yang digunakan adalah metode maserasi. Sebelum diproses, kulit rambutan dicuci bersih sambil dipotong untuk mendapatkan ukuran kecil untuk mempercepat proses pengeringan.

Kulit rambutan yang sudah mongering lalu diblender hingga menjadi bubuk. “Bubuk kulit rambutan yang sudah diperoleh inilah yang nantinya akan dicampur dengan ethanol dalam metode maserasi. Hasil berupa ekstrak kulit rambutan yang diperoleh inilah yang dijadikan sebagai bahan utama dalam produk bernama TORNADO ini,” katanya.

Sambung Novianti, produk ini mereka beri nama TORNADO merupakan singkatan dari Toner Wajah Ekstrak Naphelium lappaceum Indonesia.

Produk ini mereka klaim klaim dapat mengecilkan pori-pori wajah, memberi sensasi sejuk, dan memudarkan bekas jerawat. Bahkan beberapa pembeli sudah memberikan review bahwa produk ini ampuh meratakan warna kulit.

Penulis: Ahmad Rizal
Editor: Redaksi

Baca Juga