Akhyar Harap

UHN Lahirkan Generasi Penerus Bangsa Unggul & Berkualitas

MEDAN - Dies Natalis ke 65 Universitas Huria Kristen Batak Protestan  (HKBP) Nomensen berlangsung khidmat dan meriah di Aula Fakultas Kedokteran HKBP Nomensen, Jalan Sutomo Medan, Senin (7/10/2019).

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi yang hadir dalam acara tersebut, berharap agar Universitas HKBP Nomensen (UHN) terus melahirkan generasi penerus bangsa yang unggul dan berkarakter.

Pembukaan Senat Sidang Terbuka oleh Rektor Universitas HKBP Nomensen (UHN) Dr Haposan Siallagan menjadi tanda dimulainya acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta. Selain Wakil Wali Kota, Wakil  Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) Sumardi, mewakili unsur Forkopimda Sumut dan Kota Medan serta sejumlah civitas akademika hadir dalam Dies Natalis tersebut.

Wakil Wali  Kota yang hadir didampingi Kadis Tenaga Kerja Kota Medan Hanna Lore Simanjuntak,  mengucapkan selamat atas hari jadi UHN ke-65 tersebut. Diharapkannya, universitas yang telah berdiri sejak 7 Oktober 1954 ini, dapat terus tumbuh dan berkembang untuk mengajarkan, membina dan melahirkan generasi penerus bangsa yang unggul dan berkarakter, khususnya dari Kota Medan.

"Keberadaan UHN sebagai salah satu wadah pendidikan di Kota Medan, memberi sumbangsih besar dalam mencetak dan menghasilkan calon pemimpin masa depan yang mumpuni, unggul dan berkarakter. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya tokoh-tokoh nasional yang dulunya mengenyam pendidikan di UHN.

Untuk itu  atas nama Pemko Medan, kami mengucapkan selamat kepada UHN. Semoga tetap menjadi Candradimuka (tempat untuk membentuk pribadi kuat, berkarakter & tangkas) yang terpercaya," kata Wakil Wali Kota.

Selain itu, mantan anggota DPRD Medan tersebut berpesan kepada seluruh jajaran dan civitas akademika UHN agar menjaga sinergitas, soliditas dan komitmen hingga membawa UHN untuk mampu berkompetisi dengan perguruan tinggi lain dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan harapan, dapat terwujud Kota Medan sebagai kota pelajar yang diperhitungkan.

"Peringatan Dies Natalis ini hendaknya menjadi momentum bagi seluruh civitas akademika UHN untuk meningkatkan mutu dan kualitas sistem dan pengajaran menjadi semakin baik. Sebab, anak-anak kita berhak mendapatkan pendidikan terbaik sebagai modal dasar mereka menghadapi tantangan dunia yang semakin dinamis dan komplek. Jayalah UHN," tambahnya.

Sebelumnya, Rektor UHN Haposan Siallagan dalam sambutannya, menyampaikan secara singkat awal terbentuknya UHN. Dikatakan Haposan, UHN terus melakukan inovasi guna menjadikan UHN sebagai universitas terkemuka dan mampu berdaya saing dengan perguruan tinggi lainnya sehingga dapat dibanggakan di masa mendatang.

"Kami menyadari bahwa tantangan dunia pendidikan kedepan semakin besar. Untuk itulah kami terus berinovasi dan membekali tenaga pengajar dengan ilmu yang semakin mumpuni agar mampu menghasilkan generasi penerus yang hebat, berkarakter dan berdaya saing hingga dapat membawa bangga nama Kota Medan di semua bidang," bilang Haposan.

Sebelum peringatan acara puncak, UHN juga telah menggelar serangkaian kegiatan di antaranya pawai budaya, seminar dan workshop pendidikan, sharing alumni serta lomba seni dan olahraga. Acara selanjutnya diisi hiburan dan ramah tamah serta diakhiri dengan pemakaian ulos kepada unsur Forkopimda yang hadir, termasuk Wakil Wali Kota sebagai bentuk ucapan terima kasih atas kehadiran dan dukungan yang diberikan.

Penulis: Ahmad Rizal
Editor: Redaksi

Baca Juga