oleh

Walkot Medan Ajak Masyarakat Rutin Periksa Kesehatan

Medanmerdeka.com – Wali Kota Medan H T dzulmi Eldin mengajak masyarakat untuk melakukan medical check-up (pemeriksaan kesehatan) secara berkala demi menjaga kesehatan tubuh. Hal ini patut dilakukan untuk mencegah berbagai potensi penyakit, termasuk hipertensi.

Hal ini disampaikan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin didampingi Wakil Wali Kota Akhyar Nasution disela-sela Car Free Day (CFD) sekaligus Peringatan Hari Hipertensi Dunia di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (22/7).

Dikatakannya, hipertensi  merupakan penyakit kardiovaskuler yang paling umum dan paling banyak terjadi di masyarakat. Berdasarkan data Riskesdas, jelasnya, prevalensi hipeternsi di Indonesia mencapai  sebesar 25,8%, tapi hanya 9,5% penderita hipertensi yang didiagnosis oleh tenaga kesehatan akibat kurangnya kesadaran masyarakat untuk secara rutin memeriksa tekanan darahnya.

Tingginya angka hipertensi kata Wali kota,  tidak terlepas karena perubahan pola hidup dan konsumsi masyarakat era modern. Dikatakannya, lingkungan kerja kantoran yang lebih banyak beraktivitas duduk, banyaknya makanan siap saji yang mengandung garam dan minyak dalam jumlah tinggi serta keengganan berolahraga disinyalir merupakan salah satu penyebab utama tingginya angka hipertensi dan obesitas.

“Untuk itulah melalui peringatan Hari Hipertensi Dunia, saya mengajak masyarakat untuk  melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Ingatlah lebih baik mencegah dari pada mengobati. Di samping itu terapkan pola hidup sehat  dan rutin berolahraga agar terhindar dari hipertensi,” kata Wali kota.

CFD dan peringatan Hari Hipertensi Dunia berlangsung meriah. Acara yang digelar  Yayasan Janting Indonesia (YJI)  Pusat dengan Pemko Medan ini bertujuan untuk menggugah kesadaran amsyarakat akan pentingya rutin melakukan medical check-up, terutama mengukur tekanan darah agar tidak terkena hipertensi.

Selain Wali Kota, acara juga dihadiri Wakil Wali Kota Ir Akhyar Nasution MSi, Ketua YJI Pusat Prof Dr dr Budi Setiano Sp.Jp (K), pimpinan OPD, camat, lurah serta ribuan masyarakat. Aacar diawali dengans enam jantung sehat. Setelah itu dilanjutkan dengan peringatan Hari Hipertensi Dunia yang diisi dengan  pemeriksaan kesehatan gratis  dari sejumlah rumah sakit di Kota Medan.

Di samping itu stakeholder kesehatan juga membuka sejumlah stand, termasuk YJI Cabang Utama Sumut yang diketuai Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin. Usai beroilahraga, masyarakat pun mendatangi seluruh stand yang ada. Selain memeriksanakan kesehatan, mereka juga ingin mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya terkait kesehatan. Petugas kesehatan maupun penjaga stand melayani masyarakat dengan ramah dan penuh kekeluargaan.(amri/mm)

Komentar

News Feed