Irjen Firli Masih Berpeluang Sebagai Kapolri

Koordinator Pusat Monitoring Politik dan Hukum Indonesia (PMPHI), Gandi Parapat,(Foto:MEDANmerdeka/Ist)

MEDAN - Koordinator Pusat Monitoring Politik dan Hukum Indonesia (PMPHI) Gandi Parapat, mengatakan Irjen Pol. Drs. Firli Bahuri, M.Si baik dipilih menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Tito Karnavian jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pergantian pucuk pimpinan Polri dengan alasan regenerasi.

"Jika dilihat dari track recordnya, Jenderal Firli itu merupakan pemimpin yang sudah teruji. Pengangkatan Firli pun jika dipilih Presiden, tidak akan melanggar amanah undang - undang. Sebab, orang bersangkutan masih aktif di Polri," kata Gandi Parapat di Medan, Sumut, Senin (7/10/2019).

Gandi mengungkapkan, Firli dinilai sebagai pemimpin Polri yang sudah teruji karena sudah memiliki banyak pengalaman dan dikenal humanis. Selain itu, Firli juga sudah diakui teruji oleh Komisi III DPR saat mengikuti proses seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Jenderal Firli merupakan jawaban untuk menghentikan segala bentuk manuver dari pihak tertentu, yang patut dicurigai menginginkan adanya pergantian Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Presiden juga mempunyak hak prerogratif jika tetap mempertahankan Tito Karnavian," katanya.

Gandi tidak memungkiri, isu peegantian pimpinan Polri sudah berhembus kencang di tengah masyarakat. Namun, isu pergantian itu bukan karena Tito Karnavian dinilai gagal dalam memimpin Polri. Sebaliknya, Tito justru dinilai berhasil dalam memimpin Polri, khususnya pemberantasan terorisme.

Menurutnya, Presiden Jokowi mempunyai hak prerogratif untuk mengangkat Irjen Firli jika ingin menggantikan Kapolri Tito Karnavian. Firli bisa dipromosikan ke jabatan bintang tiga, kemudian mengangkatnya menjadi Kapolri. Jokowi juga tidak akan melanggar Undang - undang bila membatalkan Firli yang sudah  terpilih menjadi Ketua KPK. DPR dipastikan mendukung keputusan itu.

"Dengan memilih Jenderal Firli maka akan mendinginkan situasi yang sempat memanas atas tuntutan dikeluarkannya Perppu. Firli juga dapat menguatkan Polri dalam agenda pemberantasan korupsi di Tanah Air. Citra Polri akan semakin baik ke depannya," sebutnya.

Penulis: Yohana
Editor: Redaksi

Baca Juga