Kualitas Peserta di MTQN XXVII Semakin Baik

Medanmerdeka.com – Setiap tahun, kualitas para peserta Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) mengalami peningkatan.

“Termasuk para peserta Tilawah Anak-anak dan Remaja, kemampuan tajwid, fashahah, suara dan cara mereka melantunkan ayat-ayat suci Alquran semakin baik.” Kata Ketua Dewan Hakim Golongan Tilawah Anak dan Remaja, Drs H Muhammad Ali di sela-sela waktu penjurian, Selasa (9/10/2018) di Lapangan Merdeka Medan.

Jika dibandingkan dengan MTQ sebelumnya, pada tahun ini kemampuan peserta semakin merata. Peserta dari Sabang sampai Merauke kemampuannya sangat imbang.

“Jadi tidak ada daerah yang mendominasi. Semua daerah memiliki potensi yang sama. Untungnya kita terbantu dengan teknologi yang penjuriannya langsung terlihat. Jadi tidak sulit lagi,” kata Muhammad Ali.

Hal senada juga diungkapkan H Yusnar Yusuf Rangkuti mengungkapkan, ada empat penilaian yang menjadi fokus dewan juri yakni, tajwid, fashahah, lagu dan suara. Jika ada nilai peserta yang sama, maka yang menjadi tolak ukur untuk melihatnya adalah nilai tajwidnya.

“Seni membaca alquran juga ada pada suara. Untuk itu ini harus diseimbangkan. Suara mereka juga harus bagus,” ucap Ketua Umum PB Alwashliyah tersebut.

Jika berbicara ke kualitas internasional, kelemahan qari dan qariah dari Indonesia ada pada penguasaan Alquran secara menyeluruh. Penguasaan ini untuk tingkat dunia ada pada kontingen Afrika dan Arab Saudi yang kemampuannya luar biasa.

“Jadi yang masih menjadi perhatian kita itu penguasaan alquran mereka harus lebih ditingkatkan. Keilmuan dari Alquran itu sangat banyak. Dan itu yang harus mereka kuasai agar di internasional, Indonesia bisa lebih baik,” ucapnya.

Untuk Tilawah Remaja dan Anak sendiri, babak penyisihan akan selesai pada Rabu (10/10). Pada Rabu malam akan diketahui seluruh peserta yang melaju ke final dan tampil pada Kamis (11/10).(amri/mm)

Comment