Ribuan Warga Semarang & Wali Kota Peserta APEKSI

Lantunkan Lagu Selamat Ulang Tahun Untuk Eldin

SEMARANG - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH sontak terharu, matanya terlihat merah dan langsung berkaca-kaca. Pasalnya, ketika menyambut tim pawai budaya dari Kota Medan setibanya di depan tribun kehormatan saat berlangsungnya Semarang Night Carnival (SNC) 2019 yang digelar dalam rangka memeriahkan Kapat Kerja Nasional (rakernas) XIV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2019 di Jalan Pemuda, Kota Semarang, persisnya depan Kantor Wali Kota Semarang, Rabu (4/7/2019) dinihari, tiba-tiba melantun dengan cukup keras dan menghentak salah satu lagu hits band rock papan atas Indonesia, Jamrud berjudul Selamat Ulang Tahun.

Bersamaan itu Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kota Medan Khairul Syahnan didampingi Kabag Hubungan Kerjasama (Hakda) Setda Kota Medan M Rivai Nasution menaiki podium utama mendatangi Wali Kota yang tengah berdiri bersama Ketua Umum APEKSI Airin Rachmi Diany dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyambut iringan tim pawai dari ibukota Provinsi Sumatera Utara. Selain membawa sebuah gendang sebagai cindera mata yang akan diserahkan kepada Wali Kota Semarang selaku tuan rumah pelaksanaan Rakernas XIV APEKSI 2019, Syahnan juga membawa kotak berisi cake ulang tahun.

Usai Syahnan menyerahkan cake ulang tahun kepada Wali Kota Medan, ribuan pengunjung dan Wali Kota dari seluruh Indonesia pun ikut menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun sebagai bentuk ungkapan rasa kegembiraan dan empati kepada orang nomor satu di Pemko Medan yang di tengah malam itu tepat genap berisia 59 tahun. Tidak hanya bernyanyi, ribuan warga dan sejumlah Wali Kota juga ikut bergoyang hingga lagu Selamat Ulang Tahun berakhir.

Selebrasi luaar biasa dan tak disangka-sangka ini membuat Wali Kota sangat terharu dan bahagia sehingga sulit untuk mengeluarkan sepatah kata pun. Bagaimana tidak, hari kelahirannya dirayakan bersama ribuan warga Semarang dan Wali Kota seluruh Indonesia yang tengah mengikuti pawai budya. Wali Kota hanya bisa mengucapkan terima kasih ketika menerima ucapan selamat dari Ketua Umum APEKSI, Wali Kota Semarang serta sejumlah Wali Kota lainnya yang ada di tribun utama. Setelah mampu menguasai rasa harunya, barulah Wali Kota menyerahkan gendang sebagai cindera mata dari Kota Medan kepada Wali Kota Semarang.

Setelah itu tim pawai budaya dari Kota Medan pun memberikan penghormatan sekaligus menari Melayu diiringi tepuk tangan meriah dari ribuan warga Kota Semarang, yang sejak petang hingga tengah malam berkumpul di sisi kiri dan kanan Jalan Pemuda guna menyaksikan jalannya prosesi pawai budaya. Sebab, masing-masing kota, termasuk Kota Medan berusaha tampil sebaik mungkin dengan membawa kearifan lokal baik kostum dalam bentuk pakaian (kostum) maupun seni dan budaya yang telah menjadi ciri khas .

Usai pelaksanaan SNC 2019, Wali Kota mengaku sangat bahagia dan terharu karena tidak menyangka sama sekali jika di tengah padatnya kegiatan Rakernas XIV APEKSI dan kemeriahan pelaksanaan pawai budaya, rombongan dari Kota Medan masih ingat dengan hari kelahirannya dan merayakannya dengan sederhana namun memberikan kesan yang sangat luar biasa.

“Terus terang saya sangat bahagia dan terharu sekali, terus terang saya merasa malam ini sangat luar biasa. Rasa lelah karena mengikuti rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI mulai pagi hingga tengah malam seketika hilang. Terima kasih atas semua yang telah dilakukan, momen ini tidak akan saya lupakan. Di samping itu saya juga minta doa dan dukungan semua, mari kita terus bersama-sama membangun Kota Medan sehingga menjadi lebih baik lagi ke depannya,” kata Wali Kota.

Penulis: Ahmad Rizal
Editor: Redaksi

Baca Juga