Pameran Artefak Tampilkan 45 Item Benda Peninggalan Rasulullah SAW

MEDAN - Pameran Artefak menampilkan benda-benda peninggalan asli Nabi Muhammad SAW dan para sahabat di Tapian Daya atau Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Jalan Gatot Subroto, Medan.

Sebanyak 45 item yang merupakan benda-benda peninggalan Rasulullah SAW dipamerkan selama pameran artefak asli itu berlangsung sejak Jumat, 11 Januari hingga Selasa, 12 Februari 2019.

Direktur Penawar Legenda Maju (PLM), Hendra Ibrahim mengatakan ada 45 item yang dipamerkan seperti ada sorban Nabi, jenggot Nabi, rambut Nabi, darah bekam Nabi, tapak kaki Nabi, sendalnya Nabi, pedang, panah, tempat minum berupa guci, kelambuh makam Nabi, kunci Kabah, permadani dan lain-lainnya.

Namun, tujuan pameran itu untuk memberikan informasi, edukasi kepada pelajar dan masyarakat luas, tentang bagaimana agar lebih meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Dia menjelaskan barang-barang yang memiliki nilai sejarah itu, berasal dari Yaman, Yordan, India, Arab Saudi dan Turki, yang dikelola oleh suatu lembaga di Malaysia. Untuk itu, Kota Medan merupakan kota pertama kali dikunjungi di Indonesia.

"Pameran ini sudah pernah dilakukan di Malaysia, Thailand, Singapura dan Brunai Darussalam dan Indonesia baru pertama kali. Setelah di Medan, kita akan ke Aceh nanti," ujarnya. (sari)

Penulis: Sari
Editor: Mauza

Baca Juga