Panglima TNI & Kapolri Tinjau Penanganan Karhutla

PEKANBARU - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Pol HM Tito Karnavian,tiba di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Senin (12/8/2019) sekitar pukul 16.20 WIB dengan pesawat Boeing 737 TNI AU.

Kedatangan rombongan itu, disambut langsung oleh Gubernur Riau H. Syamauar, Pangdam I Bukit Barisan, Kapolda Riau dan unsur forum komunikasi pimpinan daerah lainnya. Dalam kunjungan kali ini Kapolri di dampingi Kabaharkam Polri Komjen Pol. Condro Kirono, As Ops Kapolri Irjen Pol. Martuani Sormin, Kadiv Humas Polri Irjen Pol M. Iqbal. dan Dir Tipidter Bareskrim Brigjen Pol M. Fadil Imran, Karo Provost Brigjen Pol Hendro Pandowo, dan Koorspripim Polri AKBP Ferdy Sambo.
Selain itu nampak Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar,,dan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo.

Setibanya di ruang VIP Pandawa Lanud Roesmin Nurjadin Panglima TNI dan Kapolri menerima pemaparan terkait situasi terkini kondisi karhutla.

Dalam arahannya Kapolri berpesan agar Polri menindak tegas kepada masyarakat maupun corporasi yang terbukti melakukan pembakaran hutan, lakukan langkah langkah penegakan hukum yang tegas untuk mendapatkan efek jera".

Patroli udara lokasi karhutla yang di gelar hari ini dimulai dari wilayah Taman Nasional Tesso Nilo, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu dan berakhir di Techno Park. Dari pantauan udara titik api terlihat cukup banyak dan menyebar di beberapa titik. Tiba di Techno park kegiatan dilanjutkan Patroli Lokasi Kebakaran di Pelalawan menggunakan Jalur Darat.

Setibanya di lokasi titik api Panglima TNI, Kapolri, Menteri LHK dan Gubernur Riau melakukan penyiraman ke sumber api dengan memanggul selang bersama-sama. Panglima TNI juga menyempatkan untuk memberikan bantuan secara simbolis kepada prajurit TNI- Polri yang bertugas melaksanakan pemadaman api di bantu BPBD Prov Riau.

Usai meninjau secara langsung Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan meninggalkan lokasi Karhutla menuju Lanud Roesmin Nurjadin untuk bertolak ke Jakarta

Penulis: Ahmad Rizal
Editor: Redaksi

Baca Juga