Pantai Wainitu, Objek Wisata dan Destinasi Digital Baru Kota Ambon

AMBON - Pantai Wainitu yang dulu terkesan kumuh, kini menjelma menjadi Kawasan wisata dan destinasi digital baru di Kota Ambon, setelah diresmikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Rabu (9/1/2018).

Awalnya, Pantai Wainitu sepanjang 1.451 meter tersebut dimaksudkan untuk menjaga garis pantai dari abrasi dan erosi, sekaligus untuk mendukung pengembangan Ambon Water Front City di zona 9.

Menurut Basuki,  pembangunan pengaman Pantai Wainitu sepanjang 1.451 meter dilakukan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku, Ditjen Sumber Daya Air secara bertahap dari tahun 2013-2015.

Kemudian, pembangunan pengaman pantai dilanjutkan dengan penataan kawasan Wainitu dilakukan oleh Ditjen Cipta Karya pada tahun 2018 dengan anggaran Rp 11,3 miliar.

Hasilnya, di sepanjang pantai, dibangun landmark, jalur pejalan kaki sepanjang 350 meter, lapangan futsal dan volley, jembatan, tempat bermain anak dan kawasan taman. Selain itu dilengkapi oleh lampu penerangan, tempat sampah dan gazebo.

Perubahan wajah Pantai Wainitu, sebagaimana dikutip dari www.satumaluku.id,saat ini, dimanfaatkan warga kota Ambon untuk menikmati suasana pantai. Banyak juga anak-anak yang memanfaatkan fasilitas bermain di lokasi tersebut.

Makanya, tak salah jika Pantai Wainitu menjadi objek wisata baru atau icon baru Kota Ambon. Lokasi ini layak juga dimanfaatkan sebagai daerah tujuan wisata digital di Kota Ambon. Sebab, bisa secara langsung menikmati view teluk ambon yang menawan.

Bahkan, sejumlah youtuber Kota Ambon sudah banyak yang mempromosikan Pantai Wainitu setara dengan Pantai Losari di Makassar. Begitu juga sejumlah remaja dan warga Kota Ambon sudah meng-upload foto-foto mereka saat menikmati suasana malam maupun siang hari di Pantai Wainitu.(int/mm)

Penulis: Amri
Editor: Redaksi

Baca Juga