oleh

Pelindo I Siap Layani Angkutan Lebaran

Medanmerdeka.com – Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H, PT Pelindo I (Persero) melakukan berbagai macam persiapan guna memperlancar angkutan lebaran tahun 2018.

Pelindo 1 melakukan pemantauan di delapan cabang pelabuhan dan tiga kawasan pelabuhan yang meliputi: Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tembilahan, Selat Panjang, Bengkalis, dan Sei Kolak Kijang memastikan siap melayani angkutan lebaran.

ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami menuturkan, Pelindo 1 sudah mempersiapkan seluruh terminal penumpang baik keberangkatan maupun kedatangan, diantaranya terminal penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan yang merupakan terminal terbesar di Sumatera. ”Terminal Bandar Deli mampu menampung 2500 penumpang yang dilengkapi dua unit garbarata untuk mempermudah penumpang naik turun dari kapal menuju dermaga,” kata Fiona, Rabu (6/6/2018).

Selain Pelabuhan Belawan, Pelindo 1 juga melakukan pembenahan terminal penumpang Sri Bintan Pura Pelabuhan Tanjung Pinang yang merupakan terminal penumpang kedua tersibuk di Indonesia.”Pelabuhan Dumai, Terminal Penumpang Tanjung Balai Karimun, Tanjung Balai Asahan, dan Pelabuhan Sibolga. Hal ini merupakan salah satu wujud komitmen serius Pelindo 1 untuk melayani masyarakat yang menggunakan jasa angkutan laut,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang dan barang di pelabuhan, Pelindo 1 mempersiapkan fasilitas pelabuhan diantaranya: kesiapan dermaga, Sistem dan Prosedur Pelayanan Kapal Sembako, gudang dan lapangan penumpukan, peralatan bongkar muat, tenaga operasional di lapangan dan kesiapan informasi dan teknologi (IT). Fasilitas umum tambahan juga akan disiapkan seperti tenda, toilet, metal detector, tenaga medis, fasilitas parkir tambahan, dan media informasi kepada penumpang, pengantar/penjemput seperti sound system, spanduk, banner, dan leaflet informasi.

Disamping itu juga dibentuk posko monitoring di masing-masing p cabang pelabuhan yang akan dimonitor oleh berbagai pihak, meliputi: Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan, Pelindo 1, Polri, TNI AL, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi dan Kesehatan Pelabuhan yang bertugas untuk memantau kegiatan embarkasi dan debarkasi, bongkar muat, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kegiatan, kegiatan pusat pengendalian trafik dan pusat iformasi serta pelaporan. Tim ini akan bertugas mulai tanggal 5-26 Juni 2018.(amri/mm)

Komentar

News Feed