oleh

Qiraat Sab’ah Mujawwad Putri Sumut Unggul Sementara

Medanmerdeka.com – Hari pertama perlombaan cabang Qiraat Sab’ah Mujawwad QS-01 s/d 20 dalam MTQN XXVII, Senin kemarin (8/10/2018) telah berlangsung selama 5 jam. Perlombaan yang digelar di Arena Utama Astaka ini telah menampilkan sebanyak 20 perserta. Untuk sementara peserta putri asal Sumut mendapat nilai unggul.

Persiapan berbagai peserta menjadi kunci agar bacaan mereka mampu mendapat nilai terbaik dari para dewan juri. Misalnya saja tim dari Riau yang menampilkan putra putri terbaik mereka.Ada Riski Alwi dan Sumarni, putra putri asal Riau yang sudah menampilkan kebolehan mereka membaca Al Quran dengan Qiraat Imam Nafi’ Riwayat Al Bazi dan Qumbul.

“Persiapan latihan yang sudah rutin kami lakukan itu menjadi modal utama untuk ikut perlombaan kali ini. Selain itu berdoa. Karena teknik membaca Quran memang kuncinya di latihan,” kata Alwi yang merupakan salah satu murid atau mahasiswa Ustadz Abdul Somad di Pasca Sarjana UIN Sutan Syarif Kasim Riau, Fakultas Syariah, jurusan Hukum Keluarga.

Lain lagi dengan peserta asal Sulawesi Utara, Hj Suarni Ayub S.Pdi, yang tetap semangat mengikuti perlombaan, meski ia dalam keadaan hamil. “Alhamdulillah kehamilan anak kedua ini tidak jadi penghalang. Saya tetap semangat mengikuti ajang perlombaan kali ini, karena sudah dipersiapkan sejak lama. Mulai dari latihan yang rutin, menjaga makan, menjaga kesehatan,” ungkap perempuan yang pernah meraih juara 3 MTQ Nasional di Lombok tahun 2016 lalu.

Menurut Ani, sapaan akrabnya setidaknya ada beberapa kategori yang menjadi penilaian dewan juri, seperti hukum tajwid bacaan, kefasihan bacaan, suara dan lagu bacaan yang dibawakan.

Untuk penilaian sementara yang diperoleh oleh masing-masing peserta untuk kelompok putri, Hj Rika Harnita, SE mendapat skor tertinggi pada babak penyisihan hari pertama sebesar 91.67 yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara dengan nomor peserta QS.05, diikuti dengan Hj Mutia Rahmi, SHI memperoleh skor 91,17 dengan nomor peserta QS. 01 berasal dari Sumatera Barat dan Lilis Suryani peserta nomor QS.009 dengan skor 89,67 berasal dari Sumatera Selatan.

Sedangkan untuk kategori putra skor tertinggi diperoleh oleh nomor QS.020 bernama Syahroni asal Provinsi Kalimantan Timur dengan skor 91,83, urutan kedua Riski Alwi asal Riau dengan nomor QS.012 dengan skor 91,17 dan peserta nomor QS.016 Nahdi S Pd I dari Provinsi NTB mendapatkan skor 90,33.(amri/mm)

Komentar

News Feed