Remigo : Mengubah Metode Belajar Konvensional ke Basis Internet

PENDIDIKAN : Bupati Pakpak Bharat Dr Remigo Yolando Berutu M.Fin, MBA memberikan eksposisi progres kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dunia pendidikan yang sudah berjalan di Pakpak Bharat.(foto:ist/mm)

PENDIDIKAN : Bupati Pakpak Bharat Dr Remigo Yolando Berutu M.Fin, MBA memberikan eksposisi progres kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dunia pendidikan yang sudah berjalan di Pakpak Bharat.(foto:ist/mm)

Medanmerdeka.comom – Bupati Pakpak Bharat Dr Remigo Yolando Berutu M.Fin, MBA melakukan ekspos progres kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dunia pendidikan yang sudah berjalan di Pakpak Bharat.

Ekspos ini dilakukan Remigo dalam rangkaian kegiatan Anugerah Kihajar 2018, Jumat (12/10/2018) di The Sultan Hotel, Jakarta.Selain Remigo, tampak hadir 15 gubernur, bupati dan wali kota se-Indonesia. Remigo hadir mewakili Sumatera Utara.

Dalam ekspos yang dipandu Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kemendikbud, Gogot Suharwoto Ph.D, Remigo memaparkan secara gamblang program dan capaian sejak diberlakukannya TIK di Pakpak Bharat.

Remigo menjelaskan, program TIK Pakpak Bharat sejalan dengan regulasi Perbup no. 45 tahun 2017 tentang Pengelolaan Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengembangan Teknologi dan Informasi. Disamping itu, pihaknya juga menggunakan jaringan internet serat optik sehingga mampu menyentuh seluruh desa dengan kecepatan yang maksimal.

“Proses komunikasi siswa dengan guru semakin intens, termasuk tugas-tugas sekolah dan absensi sangat didukung beragam aplikasi antara lain e-Sekolah dan e-Absensi. Pendekatan berbasis internet harus dikembangkan, karena zaman sudah berubah,” pungkas Remigo.

Tak lupa, Remigo juga mengapresiasi Pustekkom yang sudah banyak memberikan masukan dan bantuan untuk kemajuan TIK Pendidikan di Kabupaten Pakpak Bharat.

“Ini merupakan keniscayaan dengan kecepatan luar biasa yang dilakukan dan dengan aplikasi ini juga terjadi transparansi yang memudahkan segala urusan yang ada,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Remigo juga memaparkan progran masa depan Pakpak Bharat terkait TIK Pendidikan. “Semua kita lakukan untuk mendorong kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan dalam mengejar ketertinggalan.” Katanya.

Namun untuk mencapai kemajuan ini, diperlukan campur tangan semua stakeholder pendidikan agar mampu mengubah paradigma metode belajar konvensional menjadi berbasis internet. Ritme dunia sangat cepat, dan kita harus berfikir cepat serta bertindak cepat agar tidak tertinggal,” tegasnya.(amri/mm)

Comment