oleh

Tapal Batas Sumut, Aceh – Riau Segera Terealisasi

Medanmerdeka.com – Penyelesaian tapal batas di setiap provinsi segera terealisasi. Begitu juga untuk Sumatera Utara (Sumut) dengan provinsi Aceh dan Riau, meski ada sedikit kendala di lapangan, namun Sumut terus bekerjasama dengan kedua provinsi tersebut untuk menuntaskannya.

Demikian salah satu kesepakatan yang dihasilkan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Penegasan Batas Daerah di Wilayah I, yang berlangsung selama tiga hari, Rabu – Jumat (5-7/9) di ruang rapat Hotel Niagara Parapat Kabupaten Simalungun.

“Karena itu, pentingnya peran para pemimpin daerah dalam hal menyelesaikan sengketa tapal batas daerah yakni antara Sumatera Utara dengan Aceh, begitu juga dengan Provinsi Riau,” kata Kepala Biro Pemerintahan Provsu Afifi Lubis yang diwakili Kabag Perbatasan dan Pertanahan Setdaprovsu Drs Ervan Gani Siahaan MSi di sela-sela rapat koordinasi tersebut, Kamis lalu.

Beberapa kendala dalam penyelesaian penegasan batas antara Sumut, Aceh dan Riau diantaranya masih sulitnya kabupaten/kota dan provinsi yang berbatasan dalam mencapai suatu kesepakatan. Adanya perebutan hak pengelolaan sumberdaya alam yang ada di dalam daerah yang berbatasan,  serta kurangnya pemahaman dari masing pemerintah daerah tentang pentingnya penegasan batas daerah.

“Dan kendala itu juga terjadi bila kurangnya ketersediaan sumberdaya manusia, khususnya pada Pemda yang berkompeten terutama di bidang pemetaan untuk mendukung penyelesaian penegasan batas. Juga kurangnya dukungan anggaran, baik di pemerintah kabupaten/kota maupun pemerintah Provinsi untuk kegiatan penegasan daerah. Juga masih adanya terterlibatan tokoh adat setempat sehingga penetapan batas semakin lama,” katanya.

Komentar

News Feed