25 Wartawan Ikuti UKW Ke XVIII PWI Sumut

Medanmerdeka.com – Tercatat 25 wartawan di Sumatera Utara (Sumut) mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Muda angkatan Ke XVIII, kemarin di Balai Agung Astakona Gedung PT PLN (Persero) Wilayah Sumut, Medan. Program UKW diselenggarakan PWI Cabang Sumut bekerjasama dengan PT PLN (Persero) Wilayah Sumut.

General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Sumut, Feby Joko Priharto yang diwakili Senior Manager SDM dan Umum, Suyadi mengatakan UKW dilaksanakan dalam rangka peningkatan kompetensi wartawan. Dengan begitu, informasi yang sampai kepada masyarakat adalah yang membangun, mencerdaskan dan berimbang.

“Kami menyadari bahwa dewasa ini semua kegiatan yang dilakukan PLN baik itu merupakan kegiatan rutinitas maupun kegiatan yang sifatnya hari-hari besar tidaklah mudah buat PLN untuk dapat bisa lebih dekat kepada pelanggan jika bukan melalui media,” katanya. Pelaksanaan UKW Muda angkatan XVIII ini digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (13-14/10/2018).

Apalagi, seiring dengan mudahnya saat ini memberikan pemberitaan dan mudahnya mendirikan media online, sambungnya, membuat setiap orang dengan mudahnya untuk mendapatkan informasi dalam waktu singkat.

Disisi lain kecepatan dalam menyebarkan informasi juga membuat segalanya terasa begitu cepat. “Namun, cepatnya penyebaran berita ini juga dimanfaatkan beberapa oknum untuk menyebarkan berita yang kredibilitas informasinya sulit dipercaya. Kita dengan mudah melihat banyaknya hoax bertebaran yang bisa merusak rasa bersatu bangsa pada umumnya, dan nama baik perusahaan seperti PLN pada khususnya,” tegasnya.

Untuk itulah, dengan dilaksanakannya UKW, diharapkan para wartawan, khususnya komunitas wartawan listrik, menjadi semakin professional dalam pemberitaan yang akan memberikan manfaat pemberitaan berimbang, transparan, objektif dan berdasarkan fakta serta opini yang membangun demi kemajuan bersama.

Ketua PWI Sumut, Hermansyah menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan UKW tersebut. “Kita tahu uji kompetensi program Dewan Pers, dan PWI sebagai salah satu pengujinya. Alhamdulillah PWI sudah melaksanakan hingga pada angkatan ke XVIII,” ujarnya.

Maka dengan dilaksanakannya UKW muda tahun 2018 ini, menurutnya, diharap semua wartawan bisa meraih kompetensinya. Meskipun, untuk lulus dan tidaknya peserta bergantung dengan penguji.

Ketua Panitia Pelaksana UKW XVIII, Benny Pasaribu, menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti sebanyak 25 orang wartawan di Sumut, 3 orang diantaranya berasal dari Kota Sibolga. Hadir pada pelaksanaan UKW, Ketua PWI Sumut/Tim Penguji UKW Nasional Hermansyah, Tim Penguji PWI Nasional Ronny Simon, Ketua PWI Kepri/Tim Penguji Nasional Ramon Damora, Wakil Ketua PWI Aceh/Tim Penguji Nasional T Haris Fadillah, para penguji UKW lainnya, para Pengurus PWI Sumut serta Ketua Korwalis Sumut Yoseph Pencawan dan Penasihat Eddy Madya Bukit. (may/mm)

Comment