26 Agustus, Grand Final Lajang-Dara Batubara

BATUBARA - Festival Lajang-Dara Kabupaten Batubara, Sabtu 26 Agustus mendatang akan memasuki tahap grand final.Para kontestan, akan memperebutkan posisi pada 7 kategori yang dipersiapkan panitia.

Ketua Panitia, Yusriadi Sitorus mengungkapkan, pada malam penganugerahan pemenang Lajang-Dara tersebut, direncanakan bakal dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi. Sedangkan estimasi massa yang meramaikan acara yang digelar di Airputih, diperkirakan mencapai 7000 Orang.

Ia menerangkan, untuk festival kali ini antusiasme untuk menjadi peserta meningkat secara signifikan. Dua tahun lalu, kata Yusriadi, pendaftar terdata sekira 800 orang. Tapi tahun ini melonjak hingga 1200 pendaftar.

Diterangkannya  para kandidat yang lulus seleksi, setidaknya dari proses awal harus mengikuti 10 kegiatan. Sedangkan materi uji, selain pengetahuan umum, juga kemampuan berbahasa asing.

"Kalau dulu, bahasa Inggris, tahun ini bahasa inggris dan Jerman" kata Yusriadi kepada wartawan di Limapuluh (18/8/2017).

Namun ia mengaku, untuk festival kali ini, diperkirakan akan terjadi penurunan dalam pemberian hadiah. Ia mencontohkan, bagi peraih lajang dara utama kali ini cuma dipersiapkan dana 7 juta, yang tahun lalu berada pada angka 15 juta.

Yisriadi beralasan, penurunan itu disebabkan mengecilnya bantuan keuangan dari kepada panitia. Sumber bantuan, jelas dia, antara lain dari sejumlah perusahaan yang beroperasi di daerah itu. Bahkan ada perusahaan yang masih sebatas memberikan janji, tapi sejauh ini belum terealisasi. (dra)