BNN Musnahkan Narkoba di Medan

MEDAN - Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat memusnahkan hasil tangkapan berbagai jenis narkoba dalam jumlah besar di Lapangan Merdeka, Kamis (19/10).

Pemusnahan dipimpin langsung Kepala BNN Pusat, Komjen Pol Budi Waseso, disaksikan Gubernur Sumatera Utara Ir.H.Tengku Erry Nuradi, bersama berapa kepala daerah, diantaranya Wali Kota Medan, Wali Kota Tanjungbalai, Wali Kota Tebingtinggi, Wali Kota Binjai, Bupati Tapanuli Selatan dan Bupati Karo.

Barang bukti narkoba yang dimusnahkan berupa sabu seberat 191 Kg,  pil ekstasi sebanyak 43.450 butir dan ganja kering seberat 520 Kg merupakan hasil tangkapan 2017 dari jaringan narkoba Sumut-Aceh.

Kepala BNN Pusat Komjen Budi Waseso, mengatakan pemusnahan barang bukti narkotika sebagai bentuk tindak tegas BNN dalam memerangi peredaran narkotika di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara.

"Selama penindakan diketahui Sumut dan Aceh merupakan daerah pemasok terbesar narkoba jenis sabu, pil ekstasi dan ganja. Khusus sabu dan ekstasi berasal dari luar negeri yang nantinya akan diedarkan di Sumut khusunya Kota Medan," katanya didampingi Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Irjen Pol Arman Depari dan Kepala BNNP Sumut, Brigjend Pol Andi Loedianto.

Budi Waseso menjelaskan, dalam pengungkapan peredaran narkoba BNN berhasil menyelamatkan jutaan jiwa genarasi muda dari penyalahgunaan narkoba. Bukan itu saja, sudah banyak juga para bandar yang ditembak mati karena mengedarkan narkoba di Sumatera Utara.

"Dengan adanya tindakan tegas dan terukur terhadap bandar narkoba diharapkan Sumatera Utara bebas dari peredaran narkoba," harapnya.  pemusnahan barang bukti narkoba dilakuan menggunakan mobil incinerator (alat pembakar sabu-red) milik BNN Provinsi Sumut. (aks/mm)