Cegah Truk Bertonase Lebih, Dishub Karo Pasang Portal di Jalan Selamat Ketaren

Dinas PUPR dan Dinas Perhubungan Kabupaten Karo membangun portal di Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe.(foto/Ist)

KARO - Dinas PUPR dan Dinas Perhubungan Kabupaten Karo membangun portal di Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe. Penyekatan dilakukan untuk mencegah melintasnya tru bertonase lebih yang dapat merusak badan jalan.

“Pemasangan ini untuk mencegah truk bermuatan lebih melintasi badan jalan sehingga cepat rusak. Langkah ini sudah tepat untuk menjaga ketahanan infrastruktur,” kata Bupati Karo, Tarkelin Brahmana didamping Kadis PUPR Edward P Sinulingga dan Kadishub Karo Gelora Fajar, Rabu (13/1/2021).

Kadis PUPR Eduward Pontianus Sinulingga mengatakan, pembatasan kendaraan ini semata-mata untuk menjaga kualitas badan jalan sehingga tidak rusak. “Ketinggian kendaraan yang bisa melintas hanya 3 meter dan lebar 6 meter,” jelasnya.

Dijelaskan Eduward, sebenarnya Jalan Selamat Ketaren bukan jalan utama, namun setiap hari selalu dilintasi truk-truk bertonase lebih hingga truk gandeng yang membuat badan jalan rusak parah.

Selain antisipasi itu, pemasangan Portal ini untuk mengendalikan agar jalan Kapten Selamat Ketaren ini akan menjadi lebih tertib baik segi arus lalu lintas dan segi aspek daya tahan jalan.