Desa Simandingin Dolok Gelar Sosialisasi dan Evaluasi APBDes 2020

PALUTA – Desa Simandingin Dolok, Kecamatan Padangbolak, Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) menggelar sosialisasi eveluasi APBDesa TA 2020, Jumat (20/11/2020).

Sosialisasi dihadiri langsung Inspektorat Pemkab Paluta yang juga bertindak sebagai narasumberm Eko Prasetio.

Prasetio menjelaskan, sosialisasi evaluasi APBDesa yang digelar Kepala Desa Simandingin Dolok cukup baik dan patut diapresiasi, sebab akan meningkatkan peran serta tugas dan tanggungjawab Sekretaris Desa (Sekdes) dan Kasi Pemerintahan dalam mengimplementasikan produk-produk hukum yang berkaitan dengan dana desa.

“Mereka harus  mampu memahami dan mengerti maksud serta tujuan terbentuknya produk hukum, terutama terkait dengan APBDes,” terang Prasetio.

Sementara Sekdes Simandingin Dolok, Umar Saleh Siregar mengatakan, kegiatan sosialisasi dan evaluasi rutin digelar karena banyaknya perubahan maupun penyesesuaian undang-undang dan peraturan pemerintah.

Oleh karena itu, sambung Umar, pihaknya merasa terbantu dengan hadirnya Inspektorat sehingga pemahaman Kades, Sekdes dan pengawai desa semaki bertambah, sehingga pelaksanaan tugas dan tanggungjawab tidak berbenturan dengan produk hukum yang berlaku.