Dewan Minta Keuchik Proaktif Fungsikan Posko PPKM di Pedesaan

ACEH BESAR - Kasus pasien terkonfirmasi virus Corona di Aceh Besar terus mengalami peningkatan.Wakil Ketua DPRK Aceh Besar, Zulfikar Aziz SE dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meminta kepada para Keuchik, agar proaktif fungsikan Posko PPKM atau Posko Covid-19 di desa.

"Saya minta kepada keuchick segera aktifkan Posko PPKM, untuk mendeteksi penyebaran virus Corona di pedesaan," ujar Zulfikar Aziz SE kepada wartawan, Jumat (30/7/2021).

Kata Zulfikar Aziz, Posko PPKM sangat berperan sekali untuk mengedukasi dan mensosialisiakan kepada masyarakat, apabila terpapar virus Corona.

Posko PPKM ini berfungsi untuk mengecek kesehatan masyarakat dan mendeteksi, apabila warga mengalami gejala penyakit virus Corona.

Makanya, Posko PPKM salah satu upaya yang menjadi garda terdepan untuk melakukan pendataan terhadap warga yang sakit di pedesaan.

Sehingga, aktivitas Posko Covid-19 Gampong atau PPKM ini sangat penting aktif di pedesaan untuk mengontrol kesehatan warga.

Namun, saat ini Posko PPKM tidak aktif di Aceh Besar.Untuk itu, Zulfikar Aziz SE meminta kepada Pemkab Aceh Besar melalui dinas terkait untuk menginstruksikan kepada seluruh keuchick segera aktifkan Posko PPKM Gampong.

"Untuk aktifkan Posko PPKM Gampong hanya perlu ketegasan dari Bupati Aceh Besar saja," kata Zulfikar Aziz SE.

Menurut Zulfikar Aziz SE, untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona di Aceh Besar adalah dimulai dari pedesaan.

Makanya, mari kita tumbuhkan rasa kepedulian kita untuk sama-sama bekerja membantu Pemerintah untuk mencegah virus Corona dengan cara mengaktifkan Posko PPKM dan menerapkan Protkes Covid-19.

Seperti memakai masker ketika ke luar rumah, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Sementara itu, Sekda Aceh Besar, Drs Sulaimi MSi, mengatakan, pihaknya sudah rapat dengan DPMG dan camat agar anggaran desa 8 persen dana refocusing untuk posko dan isolasi mandiri segera dicairkan, karena persentase pencairan dana refocusing masih rendah, mengingat posko PPKM kurang aktif. Padahal, Pemkab Aceh Besar sudah berulangkali melayangkan surat kepada para Keuchick.