Dinkes Sumut: Tidak Ada Pasien Virus Corona di Medan

Gedung RSUP Haji Adam Malik, Medan, Sumut. (Foto:Ilustrasi)

MEDAN - Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut) menegaskan, tidak ada pasien asal daerah ini maupun warga asing yang terjangkit virus corona dirawat di RSUD Haji Adam Malik Medan.

Penegasan itu dikemukakan Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, dr Aris Yudhariansyah terkait beredarnya berita hoax (bohonh) seorang pria melalui rekaman video yang disebar di media sosial (Medsos).

"Kami minta kepada berbagai pihak untuk tidak lagi menyebarkan berita hoax melalui medsos. Masyarakat tidak perlu khawatir, sebab belum ada pasien corona dirawat di rumah sakit di daerah ini," tegasnya, Jumat (14/2/2020).

Sebelumnya, seorang pria dengan mengenakan kemeja hitam dan menggunakan masker membuat rekaman video, yang menyebutkan virus corona sudah masuk ke Sumut. Pria itu sebutkan pasien itu dirawat di RSUD Adam Malik.

Menurut pria tanpa identitas itu, informasi adanya pasien terjangkit virus korona, diperoleh dari rekannya yang bekerja dalam bidanh medis. Pria itu mengajak siapapun yang melihat videonya agar kalau keluar rumah tetap waspada dan selalu menggunakan masker.

Selain itu, pria iti juga meminta agar mengurangi kontak fisik dengan keluarga dan kerabat disaat menjenguk ke rumah sakit. Kemudian mengurangi kontak fisik disaat berteguran dengan teman-teman baik yang berkunjung ke rumah atau bertemu di tengah jalan.

Kassubag Humas RSUP Haji Adam Malik Medan, Rosario Dorothy Simanjuntak menyampaikan, belum ada pasien yang menjalani perawatan akibat virus corona. Sehinga, video yang beredar di medsos itu adalah berita bohong.

"Bagi pihak-pihak yang sering menyebarkan hoax terkait hal tersebut (virus corona), kami minta untuk berhenti menyebarkan informasi tidak benar yang dapat meresahkan dan menimbulkan kepanikan di masyarakat," sebutnya.

Komentar

Loading...