Diperiksa sebagai Saksi, Kepala UPT Disnaker Sumut Meninggal

Medanmerdeka.com – Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) Wilayah II Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Jon S Sagala meninggal dunia di RS Grandmed Lubuk Pakam pada Senin (11/6/2018).

Sebelumnya Jon S Sagala memenuhi panggilan Unit III Tipikor Satuan Reskrim Polres Deliserdang untuk menjalani pemeriksaan terkait diamankannya dua anggotanya karena melakukan pungutan liar (pungli) dan terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Polres Deliserdang beberapa hari yang lalu.

Namun belum sempat menjalani pemeriksaan oleh penyidik Uint III Tipikor Satuan Reskrim Polres Deliserdang, Jon S Sagala yang merupakan mantan pejabat di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Deliserdang bidang pengawasan dan pengedalian mendadak mengalami sesak nafas dan langsung dilarikan ke Klinik Kesehatan Polres Deliserdang. Namun karena kondisinya terus memburuk, Jon S Sagala dilarikan ke RS Grandmed Lubuk Pakam.

Meskipun sempat mendapatkan pertolongan dari tim medis di RS Grandmed Lubuk Pakam, namun kondisi Jon S Sagala terus melemah. Jon S Sagala pun akhirnya menghembuskan nasfas terakhir di RS Grandmed Lubuk Pakam. Selanjutnya jenasah Jon S Sagala dibawa ke rumah duka untuk di Medan untuk disemayamkan.

Informasi lain diperoleh, selain mengamankan dua anggota Jon S Sagala, Polres Deliserdang juga mengamankan barang bukti berupa uang tunai sekira Rp 6 juta.

Kapolres Deliserdang AKBP Eddy Suryantha Tarigan kepada wartawan membenarkan kematian Jon S Sagala saat diperiksa karena adanya penyakit jantung yang dideritanya. “Belum sempat diperiksa penyidik Reskrim terkait dugaan pungli anggotanya. Masih sebagai saksi atas perbuatan anggotanya yang diduga melakukan pungutan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Kabupaten Deliserdang, MP Sagala yang juga adik kandung Jon S Sagala menerangkan dirinya sudah mendapat kabar dari pihak keluarga terkait kematian abangnya di RS Grandmed Lubuk Pakam.

Namun dirinya belum mengetahui secara pasti apa penyebab kematiannya. “Memang dia sempat menelepon aku kalau mau diperiksa di Polres Deliserdang. Tapi ku tegarkan dia supaya menghadiri pemeriksaan ulah anggotanya itu,” pungkas MP Sagala.(ardy/mm)

Comment