Dua Rumah di Sidimpuan Tertimpa Longsor

LONGSOR : Petugas Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Kota Padangsidimpuan membersihkan matrial batu yang menimpa pemukiman warga di Kel Kantin, Kec Padangsidimpuan Selatan.
LONGSOR : Petugas Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Kota Padangsidimpuan membersihkan matrial batu yang menimpa pemukiman warga di Kel Kantin, Kec Padangsidimpuan Selatan.

SIDIMPUAN – Hujan lebat yang mengguyur Kota Padangsidimpuan tadi malam mengakibatkan tanah longsor dan menimpa pemukiman penduduk di Kelurahan Kantin, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Walaupun tidak ada korban jiwa, sedikitnya dua unit rumah semi permanen rubuh tertimpa matrial bebatuan.

Amir Husin, 41, yang ditemui kepada medanmerdeka.com, mengatakan, bencana itu terjadi Sabtu (19/08/2017) pukul 00.30 Wib. Malam itu, dia bersama istri dan anak-anaknya tidur lebih awal karena cuaca hujan deras sejak Jumat malam. “Saya terjaga karena mendengar tanah di belakang bergerak dan batu-batu kecil berjatuhan,” katanya. Penasaran, Amir Husin lalu turun dari tempat  tidur dan melihat ke belakang rumah.

Mengetahui akan terjadi longsoran besar, Amir Husin membangunkan istri dan anak-anaknya untuk keluar rumah menyelamatkan diri. Brak! Longsoran tanah perbukitan dari belakang rumahnya jatuh menghancurkan pemukiman yang selama ini ditinggalinya.

Nasib serupa juga menimpa keluarga Dedek Harianto,40. Matrial tanah perbukitan berupa batu-batu menghancurkan dinding dapur rumahnya. “Tidak ada korban jiwa, hanya saja dapur dan perlengkapan memasak di belakang hancur tertimpa batu,” terangnya.

Hingga Sabtu siang tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padangsidimpuan bersama warga setempat mengevakuasi korban ke tempat sanak saudara. Matrial bebatuan yang menutupi rumah mereka berangsur-angsur dibersihkan.

Isnandar Nst
Isnandar

Wakil Wali Kota Padangsidimpuan, Muhammad Isnandar Nasution langsung turun ke lokasi. Isnandar langsung menemui korban bencana Amir Husin dan Dedek Harianto serta keluarga. Sembari memberikan beruapa bantuan, dalam kesempatan itu, Wakil Wali Kota mengingatkan agar keduanya tetap bersabar dalam menghadapi musibah.

“Bencana itu tidak tau kapan terjadi, namun semua kita ambil hikmahnya dan mari bersama-sama kita tingkatkan kewaspadaan dalam menghadapi musim penghujan ini. Untuk itu, saya intruksikan agar BPBD siaga dalam membantu masyarakat yang tertimpa musibah,” kata Isnandar.(haq)