Eko Subowo Harapkan Rasa Kebangsaan Terus Tumbuh

Medanmerdeka.com – Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA mengucapkan selamat dan rasa bangga atas keberhasilan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) 2018 melaksanakan tugas dengan baik. Sebagai generasi muda, Paskibraka diharapkan dapat terus menumbuhkembangkan rasa kebangsaan dan bernegara.

Hal itu disampaikan Pj Gubsu Eko Subowo yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Provsu Dr Ir Hj R Sabrina MSi pada acara Pemulangan Paskibraka Provsu 2018, Sabtu (18/8)/2018 di Rumah Dinas Gubsu   Jalan Jendral Sudirman Medan.

“Sebagai  pasukan pengibar bendera pusaka Provinsi Sumut, saya harap bisa merasakan detik-detik kemerdekaan dan bisa merasakan bagaimana para pejuang mencapai puncak kemerdekaan 17 Agustus 1945 lalu,” katanya.

Mengisi kemerdekaan tidak cukup hanya menjadi generasi yang memiliki prestasi dan bekerja, tapi  juga rasa kebangsaan dan tanggung jawab untuk Indonesia lebih baik. Generasi muda juga harus bisa memanfaatkan teknologi dengan positif dan menguasai bahasa Indonesia dengan baik, serta bahasa asing, agar tidak tertinggal dan mampu menjadi generasi  berkualitas .

“Kalau bukan kita siapa lagi, sebagai generasi muda tonggak bangsa akan kalian lanjutkan, saya harap jangan biarkan bangsa asing menguasai sumber daya alam yang kita miliki, itulah rasa kebangsaan dan bernegara,” paparnya.

Jika dulu, para pejuang melawan para penjajah negeri ini, maka generasi muda harus memberikan prestasi yang membanggakan di mata dunia dan negara. “Setiap pekerjaan yang kita miliki khususnya yang positif dan membanggakan akan dialokasikan menjadi Prestasi Bangsa.

Dan ini baru dimulai sebab masih banyak tugas-tugas yang harus kita laksanakan, seperti ancaman peredaran narkoba yang semakin marak di tanah air,” ujarnya.

Selain itu, kepada 66 anggota Paskibraka Provsu  juga diingatkan untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebab dari ribuan siswa di daerah masing-masing, berhasil mendapat kesempatan petugas mengibarkan bendera di hari kemerdekaan.

“Bersyukur dan tetap ramah, juga rendah hati, jadilah generasi yang kuat, memiliki rasa tanggung jawab, rasa kebangsaan karena Paskibraka merupakan komponen penting dalam menjadi duta bangsa dan rela berkorban untuk bangsa dan negara,”ujarnya.

Disampaikan juga, untuk tahun ini para peserta Paskibraka yang beragama muslim akan mendapat kesempatan mengibarkan bendera saat pembukaan MTQ Nasional ke 27, dimana Sumut menjadi tuan rumahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Paskibaraka Provsi 2018 yang juga Kadispora Provsu H Baharuddin Siagian mengatakan, bahwa petugas   Paskibraka Provsu terdiri dari 36 peserta putra dan 20 peserta putri yang berasal dari 33 kabupaten/kota se Sumut. Dilatih oleh Tim Pelatih dan Pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

Setelah melaksanakan tugas sebagai peserta Paskibraka Provsu, seluruh peserta akan mendapat piagam penghargaan berupa sertifikat, tali asih, cenderamata dan melaksanakan rekreasi wisata bersejarah di Jakarta mulai tanggal 19 – 22 Agustus 2018, dan tanggal 22 Agustus seluruh peserta diharapkan sudah berada di daerah masing-masing.(am/mm)

Comment