Gubsu-Kapoldasu Teken NPHD Pengamanan Pilkada Serentak

Medanmerdeka.com - Gubsu H.Tengku Erry Nuradi menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pemprov Sumut untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Sumut 2018.

Penandatanganan itu dilakukan bersama, Gubsu Tengku Erry Nuradi dan Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw , Senin kemarin (12/2/2018) di kantor Gubsu di Medan disaksikan sejumlah perwira tinggi dijajaran Polda Sumut dan Plt Sekda Ibnu S Hutomo dan SKPD Pemprov Sumut.

Erry Nuradi mengatakan, untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di Sumut, Pemprov menghibahkan dana sebesar Rp1,2 triliun, dengan rincian Rp855 miliar untuk dana pelaksanaan KPU, Rp273 miliar dana pengawasan untuk Badan Pengawas Pemilu. Khusus untuk dana pengamanan sebesar Rp130 miliar lebih untuk Polri (Polda Sumut) dan Rp19 miliar lebih dana pengamanan untuk TNI (Kodam I/BB). “Dana ini cukup besar. Kita berharap anggaran yang besar ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pelaksanaan Pilkada aman dan berkeadilan,” kata Erry.

Erry berharap, dana pengamanan Pilkada yang besar itu dapat mencegah dan mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan. ‘’Mari kita jaga kondusifitas Sumut yang merupakan miniaturnya Indonesia ini dengan sebaik-baiknya. Jangan karena perbedaan, kita terpecah-belah. Pilihan boleh beda, kerukunan tetap kita jaga,’’ tandas Erry.

Sementara Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw menyebutkan Polda Sumatera Utara siap secara maksimal memberikan pengamanan dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018.  “Kita mengapresiasi dukungan dana yang diberikan Pemprov Sumut. Dukungan dana ini tentunya bisa semakin mensukseskan Pilkada dengan kemanan yang cukup matang. Bersama TNI, kami siap,’’ ucap Kapolda.

Pilkada serentak 2018 di Sumut akan dilaksanakan di tingkat provinsi untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta 8 kabupaten/kota untuk pemilihan Bupati/Wakil Bupati atau Wali Kota/Wakil Wali Kota yakni di kabupaten Langkat, Deli Serdang, Batu Bara, Tapanuli Utara, Dairi, Padang Lawas, Padang Lawas Utara dan Kota Padang Sidempuan.(amri/mm)