Ingin Tertib Berkendara, Ratusan Warga Tebing Tinggi Antusias Berlatih HRT

TEBING TINGGI - Ingin tertib dalam berkendara di jalan raya protokol, ratusan warga Kota Tebing Tinggi antusias mengikuti berlatih menggunakan alat simulasi berkendara Honda Riding Trainer (HRT) di Dealer Honda Usaha Sungai Mas 1, Jalan Letda Sujono Kelurahan Bulian Kota Tebing Tinggi, pada Jumat (7/6/2019).

Upaya melahirkan duta safety riding kembali dilakukan PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut). Melalui pameran alat HRT ini, Honda berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengutamakan keselamatan saat berkendara dan melatih pengendara untuk tertib lalu lintas.

Tercatat ratusan warga Tebing Tinggi antusias mencoba HRT secara bergantian. Pasalnya, kemampuan HRT menggambarkan keadaan sebenarnya dan memberikan berbagai medan jalan raya yang mungkin akan dijumpai oleh pengendara. Seperti pejalan kaki yang tiba-tiba menyebrang, taksi yang tiba-tiba menepi dan berhenti, dan truk yang membuka pintu sembarangan tentunya sangat membantu penggunanya dalam mengontrol serta mengembangkan keterampilan dalam menghadapi berbagai kondisi lalu lintas tanpa resiko sama sekali.

Direktur PT Indako Trading Coy, Leo Wijaya menjelaskan kesempatan ini dimanfaatkan Honda untuk mengajak masyarakat khususnya pengguna Honda dapat lebih meningkatkan kualitas pengetahuannya terkait safety riding. Pihaknya juga berharap edukasi ini akan kembali melahirkan duta Honda yang menyebarkan virus safety riding dan mengkampanyekan Cari_Aman ke berbagai kalangan masyarakat.

"Banyak warga yang mengagumi teknologi HRT yang dirancang dengan teknologi canggih dan terkini. Tidak hanya dapat menstimulasikan bagaimana kecelakaan bisa terjadi, namun HRT juga menunjukkan cara menghindarinya dengan benar," jelasnya.

Honda sudah meningkatkan kemampuan pada perangkat lunak (software) alat peraga atau riding trainer yang digunakan, dimana disajikan lebih banyak pilihan sepeda motor dan simulasi jenis jalan, waktu dan pengereman. HRT juga memberikan kesempatan kepada pengendara untuk dapat mencoba mengendarai 2 tipe kendaraan bermotor roda dua yang ada saat ini yaitu tipe manual dan automatic. Selain itu, hasil evaluasi berkendara juga akan langsung keluar sewaktu pengguna selesai pakai simulasi ini berikut juga dengan penjelasaan kesalahan selama berkendara.

Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy, Eka Yolahati sangat mengapresiasi warga Tebing Tinggi yang antusias mengenal lebih dekat HRT menjadi media paling efektif untuk memperkenalkan safety riding. Menurutnya, melalui HRT, pengguna bisa merasakan langsung berkendara dengan aman, namun tidak memiliki risiko mengalami kecelakaan lalu lintas.

"Untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, Honda terus melanjutkan komitmennya untuk terus mengupayakan berbagai langkah dan strategi dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara bagi pengguna sepeda motor, salah satunya dengan memperkenalkan HRT yang diharapkan dapat mengedukasi masyarakat akan pentingnya keselamatan guna mengurangi resiko kecelakaan mengingat sebagian besar kecelakaan di jalan raya banyak menimpa para pengguna sepeda motor," tuturnya.

Kegiatan sosialisasi ini diisi dengan test ride, dimana konsumen dapat langsung mencoba berkendara aman dengan motor Honda yang disediakan ditenda tes ride. Selain pameran Honda dealer, juga menyediakan tenda khusus untuk servis dengan harga jasa yang lebih murah.

Sementara itu, Kepala Cabang Dealer Usaha Sungai Mas 1 Tebing Tinggi, Indah Wijaya mengapresiasi adanya event yang dilakukan PT Indako Trading Coy di daerah Tebing Tinggi. "Mendukung event ini agar konsumen lebih peduli berkendara dan menaati rambu-rambu lalu lintas di jalan," ucapnya. (mm)

Penulis: Hafiz
Editor: Mauza

Baca Juga