Jalinsum Penghubung Empat Kabupaten Tergerus Longsor

Medanmerdeka.com – Jalan lintas provinsi (Jalinsum) yang menghubungkan Kabupaten Simalungun -Pematangsiantar-Tanah Karo dan Dairi, tepatnya di Desa Sondiraya Kecamatan Raya,Kabupaten Simalungun, terancam putus akibat digerus longsor.

Akibat curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini longsor semakin menggerus hampir setengah badan jalan,hingga mengancam keselamatan pengguna jalan.

Jheslin Girsang, warga Desa Sondi Raya, mengatakan,jika tidak segera ditangani dikhawatirkan kerusakan ruas jalan semakin parah, bahkan bisa menyebabkan hubungan transportasi dari Kabupaten Simalungun ke Kota Pematangsiantar,Tanah Karo dan Dairi dan sebaliknya putus total. Untuk itu, warga berharap pemerintah terkait untuk segera melakukan perbaikan.

Hal ini juga diungkapkan Anggota DPRD Simalungun Mansur Purba, yang mengatakan pemerintah provinsi Sumatera Utara untuk secepatnya menangani kerusakan jalan provinsi di Desa Sondi Raya,karena jika sampai putus total akan mengganggu mobilitas dan perekonomian masyarakat.

Politisi Partai Demokrat itu juga berharap Dinas Perhubungan Pemkab Simalungun untuk menempatkan petugas dan memasang rambu-rambu di sekitar ruas jalan yang longsor,sehingga pengguna jalan berhati-hati melintas.(am/mt)

Comment