Jelang Lebaran, Kemenhub Periksa Kapal Penyeberangan di Danau Toba

Ilustrasi/Dok.
Ilustrasi/Dok.

PARAPAT - Kementerian Perhubungan (Kemenhub)  RI melakukan ramp chek seluruh kapal penyeberangan dan pariwisata di kawasan Danau Toba.

Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Simalungun, Ramadani Purba mengatakan, ramp chek atau pemeriksaan secara menyeluruh kelengkapan kapal penyeberangan mulai dari kondisi kapal dan alat keselamatan kapal serta dokumen kapal, dilakukan untuk menyiapkan armada angkutan Lebaran yang aman bagi masyarakat.

"Pemeriksaan secara menyeluruh kelengkapan kapal penyeberangan dan pariwisata di danau Toba dilakukan oleh petugas dari Kementerian Perhubungan," kata Ramadani, Jumat (24/5/2019).

Pemeriksaan dilakukan terhadap lebih kurang 70 unit kapal penyeberangan dan pariwisata,dan setelah itu ditentukan kapal yang layak beroperasi untuk angkutan Lebaran.

Salah seorang pemilik kapal pariwisata di Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, R Siallagan mengatakan, pihaknya berharap Lebaran tahun ini pengguna jasa kapal pariwisata dan penyeberangan bisa meningkat.

"Sudah hampir 1 tahun pasca tragedi KM Sinar Bangun,penumpang kapal pariwisata dan penyeberangan di Danau Toba "mati suri" mudah-mudahan Lebaran ini,penumpang meningkat," kata Siallagan.

Penulis: Davis
Editor: Redaksi

Baca Juga