Kepemimpinan Wali Kota Padangsidimpuan Dianggap Gagal

Medanmerdeka.com – Sidang Paripurna Panitia Kerja (Panja) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan (LKPj AMJ) Wali Kota Padangsidimpuan Tahun 2013-2017, merekomendasikan kinerja Wali Kota Andar Amin Harahap, gagal. Hal ini ditegaskan lima dari tujuh fraksi dengan alasan banyak program pembangunan yang tak terlaksana dan tercapai.

Lima dari tujuh fraksi DPRD Kota Padangsidimpuan menilai kepemimpinan Wali Kota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, gagal. Dewan menilai, sejumlah program pembangunan tak tercapai dan tak terlaksana sebagaimana yang telah diamanatkan dalam visi dan misi.

Hal ini dtegaskan lima fraksi, yakni Fraksi PDIP, Golkar, Demokrat, PKB dan Gerindra. Sedangkan dua fraksi yang memprotes, Fraksi Partai Amanat Nasional maupun Fraksi Gabungan PBB dan PKPI. Dua fraksi lainnya justru protes terhadap rekomendasi Panitia Kerja (Panja).

Rekomendasi kegagalan kepemimpinan itu dibacakan langsung ketua Panja LKPj AMJ, Irsan Effendi Nasution. Selama kepemimpinannnya, Visi-misi Wali Kota Padangsidimpuan Sehat-Maju Sejahtera, dianggap gagal, karena capaian indikator sehat pada misi misi itu hanya 40%. Selanjutnya, indikator Maju 60% dan Sejahtera hanya 30%. "Periode kepemimpinan beliau dari indikator visi-misi itu kami anggap gagal," pungkas Politisi Golkar kepada media.

Selama periode 2013-2017, banyak rekomendasi DPRD Padangsidimpian yang tidak direalisasikan Wali Kota, diantaranya pembangunan panti rehabilitasi rumah singgah, relokasi Tempat Pembuangan Akhir Sampah Batu Bola, sarana dan prasarana yang belum bisa dimanfaatkan seperi, Kolam Renang Sitataring dan museum di SMA Negeri 6.(thoriq/mm)