Kereta Api Kesehatan Dioperasikan

Medanmerdeka.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumatera Utara mengoperasikan “Rail Clinik” atau kereta api layanan kesehatan sebagai bukti komitmen perusahaan peduli lingkungan/masyarakat.

“Sesuai rencana, kereta api layanan kesehatan untuk wilayah Divre I Sumut dioperasikan tahun 2017 ini,” ujar Vice President PT KAI Divre 1 Sumut, Aslikan di Medan, Selasa (19/12).

Operasional pertama kereta api layananan kesehatan itu dilakukan di kawasan Stasiun Kereta Api Batangkuis, Deliserdang. Layanan kesehatan yang dilakukan para medis di rangkaian kereta dengan dua gerbong itu tampak diminati masyarakat dengan memeriksakan berbagai penyakit.

Aslikan menjelaskan, kereta api yang di dalamnya terdapat laboratorium mini, farmasi atau apotek, periksa umum, periksa kehamilan, pemeriksaan gigi, dan periksa mata itu akan berpindah – pindah lokasi di rute yang dilayani KAI. “Manajemen KAI berharap kereta api layanan kesehatan bisa dimanfaatkan dan bermanfaat besar pada peningkatan kesehatan masyarakat Sumut,” ujar Aslikan yang didampingi Manajer Humas KAI Sumut, Sapto Hartoyo.

Aslikan yang juga didampingi Manajer Kesehatan PT KAI Divre I Sumut dr Miftah Farizd, mengatakan layanan kereta api kesehatan diutamakan di sepanjang jalur kereta api yang khususnya berada di daerah yang jauh dari jangkauan rumah sakit atau puskesmas.

Manajemen KAI, ujar Aslikan berharap ke depannya bisa semakin melengkapi peralatan medisnya sehingga nantinya mirip seperti rumah sakit berjalan. “Operasional kereta klinik bertujuan memberi kemudahan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan,” ujarnya

Operasional kereta klinik itu merupakan bentuk komitmen KAI dalam keikutsertaan mendukung program pemerintah dalam meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat .(am/net)

Comment