Korban & Ahli Waris Tragedi KM Sinar Bangun Danau Toba Terima Bantuan

Medanmerdeka.com – Menteri Sosial RI, Idrus Marham menyerahkan bantuan bagi korban dan ahli waris tragedi KM Sinar Bangun di Danau Toba. Bantuan juga diserahkan Pemkab Simalungun untuk masing-masing korban sebesar Rp2 juta rupiah, yang diserahkan, Senin (9/7/2018) di kantor Bupati Simalungun.

Total bantuan yang diserahkan Idrus bagi korban dan ahli waris KM Sinar Bangun sebesar Rp 3 miliar dengan rincian 164  korban yang meninggal atau jasadnya tidak ditemukan diberikan santunan sebesar Rp15 juta dan 18 korban selamat menerima bantuan Rp2,5 juta/ orang.

“Kedatangan kedua saya untuk menindaklanjuti langkah-langkah sebelumnya yaitu memberikan bantuan kepada semua korban baik yang selamat maupun keluarga korban,” kata Idrus.

Selain Kementerian Sosial, Pemkab Simalungun juga menyerahkan bantuan kepada korban dan ahli waris tenggelammnya KM Sinar Bangun masing-masing Rp2 juta.

Bupati Simalungun JR Saragih mengatakan, bantuan yang diserahkan merupakan wujud kepedulian pemerintah daerah terhadap duka yang dialami keluarga korban KM Sinar Bangun baik yang jasadnya ditemukan maupun yang tidak ditemukan sampai saat ini.

“Bantuan yang diberikan Pemkab Simalungun memang tidak besar namun merupakan wujud kepedulian pemerintah daerah atas duka yang dialami keluarga korban tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba baik yang jasadnya ditemukan maupun yang tidak ditemukan hingga saat ini,” ujar JR.

JR juga berharap,tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba menjadi pelajaran untuk memperbaiki sistem pelayaran atau angkutan danau,untuk tidak mengabaikan ketentuan dan peraturan bagi keselamatan penumpang kapal.

Salah seorang ahli waris, Riana Maria Gurning menyampaikan terimakasih atas santunan yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Sosial dan Pemkab Simalungun.”Saya hanya bisa mengucapkan terimakasih atas perhatian pemerintah kepada kami ahli waris korban tenggelamnya KM Sinar Bangun,” kata Rina.(htp/mm)

Comment