KPU Sergai Awali Pencoklitan DPT di Kediaman Bupati

Medanmerdeka.com - KPUD Serdang Bedagai melakukan pendataan, pencocokan dan penelitian ((Pencoklitan) Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernut Sumatera Utara Tahun 2018.

Pendataan yang dilakukan serentak, Sabtu pekan lalu diawali dengan kediaman Bupati Sergai, H.Soekirman di Jalan Coklat, Kelurahan Batang Terap, Kecamatan Perbaungan.

Kunjungan perdana ini dilakukan langsung Ketua KPUD Sergai Muhammad Rizwan, didampingi Kadis Dukcapil Fitriadi, Sekretaris KPUD Sergai Darma Eka Subakti, Camat Perbaungan Gunawan JW Hasibuan, Lurah Batang Terap Rizki Abdullah Nasution, Petugas Pemutakhiran Data Pemilu (PPDP), Panwaslu, serta PPK Kecamatan Perbaungan.

Dalam pertemuan itu, Bupati Soekirman menyampaikan terima kasih kepada KPU sebagai penyelenggara Pilkada bersama seluruh unsur lainnya seperti Panwas dan Dinas Dukcapil serta pihak keamanan TNI/Polri pada hari ini sehingga dapat dilaksanakan secara on time atau tepat waktu.

Sebagai bupati,, sekaligus masyarakat Sergai yang telah terdata berharap pendataan coklit ini dapat sinkron dan dicocokkan kembali antara lain warga yang meninggal dunia, pindah dan sebagainya sehingga didapatkan data yang akurat.

Soekirman mengimbau agar nantinya masyarakat beramai-ramai datang ke TPS guna mempergunakan hak suaranya pada Pilgubsu tahun ini. Kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kekompakan serta kekondusifan daerah walau berbeda pilihan, karena dari tahun ke tahun, Sergai selalu sukses menggelar pemilihan umum dengan aman, tertib dan lancar.

Sementara Ketua KPUD Sergai Muhammad Rizwan, mengatakan bahwa Coklit ini bertujuan mendata penduduk yang belum terdata untuk disinkronisasi agar dapat diserahkan kepada PPDP sebagai Daftar Pemilih Tetap pada Pilgubsu Tahun 2018 dan dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia yang mengadakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mulai hari ini hingga tanggal 18 Pebruari mendatang.

Lebih lanjut disampaikan Ketua KPU bahwa untuk pelaksanaan Coklit Nasional di Sergai pertama kali dilakukan dengan mendata Ir. H. Soekirman beserta keluarga yang terdaftar pada Kartu Keluarga.

Adapun pendataan yang tertera pada tanda bukti pendaftaran pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018 meliputi data Kepala Keluarga, alamat, Nomor TPS, serta nama pemilih.

Gerakan Coklit Serentak digelar di 444 Kecamatan, 6.110 Desa, 27.464 Tempat Pemungutan Suara (TPS), kurang lebih 878.708 pemilih pemula, serta DP4 sebanyak 10.537.925 jiwa se-Sumut. Gerakan Coklit ini melibatkan 74 personil dari KPU Sumut, 165 personil KPU Kabupaten/Kota, 2.215 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), 18.330 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan 35.469 orang PPDP.

Selain Bupati H.Soekirman dan keluarga, turut didata dalam kegiatan ini Wakil Bupati (Wabup) Darma Wijaya, Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Anggota DPRD, Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pendidikan serta pengurus Partai Politik.(am/mm)