LAKRI Minta Inspektorat Madina Periksa Kades Sundutan Tigo

Saiful Bahri SH, selaku Advokasi Hukum dan Ham LAKRI.(Foto:MEDANmerdeka/Iswadi)

MADINA - Lembaga Anti Korupsi Republik Indonesia (LAKRI), meminta kepada Inspektorat Kabupaten Mandailing Natal (Madina) agar melakukan pemeriksaan terhadap, Tasmil selaku Kepala Desa Sundutan Tigo, Kecamatan Natal, Kabupaten Madina terkait dugaan Korupsi.

"Kami berharap Inspektorat agar memeriksa kembali Kepala Desa Sundutan Tigo, Tasmil terkait Laporan Ketua BPD mewakili warga desa Sundutan Tigo kepada kami terkait Dana Silpa dan Dana Bumdes.” Kata Saiful Bahri SH, selaku Advokasi Hukum dan Ham LAKRI,Senin (15/7/2019).

Saiful, sangat menyayangkan hasil pemeriksaan inspektorat sebelumnya terhadap oknum bersangkutan, dan dianggap selesai begitu saja. Dan, jika ini dibiarkan maka LAKRI akan membawa kasus ini ke ranah hukum.

Di tempat terpisah, Apridal Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sundutan Tigo mengatakan, selaku BPD mempunyai kewenangan dalam proses pengawasan terhadap penggunaan ADD dan DD.

"Bahwa saudara Tasmil, Kepala desa Sundutan Tigo sudah menyalahi tugas dan pokok dan dana silpa desa kami dalam keadaan kosong menurut bendahara desa kami. Dimana menurut keterangan bendahara kami rekening Desa Sundutan Tigo dana silpanya dengan total Rp.101.682.000,00.

“Dan kas BUMDES dalam keadaan kosong juga, dan menurut keterangan bendahara Bumdes sebelumnya saldo dengan total Rp. 37.450.000,00, dan sisa saldo hanya Rp.1.000.000.00, saja, kemana raibnya, aneh kan ,"Ungkap Apridal.

Selaku BPD Desa Sundutan Tigo memohon kepada Pimpinan Inspektorat Madina agar se segera mungkin memeriksa ataupun mengaudit saudara Tasmil sebagai kepala desa Sundutan Tigo terkait penggunaan dan pengelolaan ADD dan DD tahun 2018 dan pengelolaan Bumdes tahun 2017 di Desa Sundutan Tigo agar tidak menimbulkan konflik vertikal dan horizontal antara masyarakat dan pemerintah desa.

Penulis: Iswadi Nasution
Editor: Redaksi

Baca Juga