Masuk Zona Hijau, Satpol PP “Segel” Pembangunan Gedung Kampus IBBI

Petugas gabungan Satpol PP dan Perkim Kota Medan memberi tanda "segel" kelebihan bangunan kampus IBBI yang diduga melanggar zona hijau, Senin (13/9/2021). (foto:mm/adi-p)

MEDAN - Sejumlah personel gabungan Satpol PP Kota Medan mensegel (cat merah) bagian bangunan gedung IBBI. Tindakan tegas ini dilakukan karena bagian bangunan ditengari masuk zona jalur hijau sehingga melanggar Perda.

Sebelum mensegel, tim gabungan yang melibatkan Satpol PP, Perkim, TNI dan Polri, lebih dulu melakukan pengukuran bangunan sesuai IMB yang diterbitkan untuk Yayasan Pendidikan Institut Bina Bisnis Indonesia (IBBI), di Jalan Sei Deli, Kelurahan Silalas, Kecamatn Medan Barat, Senin (13/9/2021).

Dari pantauan wartawan, sebelumnya kedatangan petugas sempat ditolak pihak pemilik bangunan. Namun demi tegaknya Perda, tim gabungan langsung melakukan pengukuran bangunan yang ditengarai masuk zona hijau.

Beberapa luas wilayah bangunan yang masuk zona hijau langsung diberikan tanda dengan cat merah. Tindakan tegas ini dilakukan karena Satpol PP Pemkot Medan sudah beberapa kali memberikan surat teguran, namun tetap diabaikan.

Segel (tanda cat merah) sebagai tanda agar pembangunan tidak lagi dilanjutkan dan aktivitas kerja dihentikan, karena dalam waktu dekat akan dipangkas sesuai IMB yang diterbitkan.

Rektor Universitas IBBI Ir.B.Ricson Simarmata yang mendampingi tim gabungan Satpol PP berharap pembangunan dapat dilanjutkan, mengenai kesalahan bisa dibicarakan baik-baik. "Masih banyak bangunan yang tinggi sampai jalan. Knapa?" katanya dengan nada kecewa.