Masyarakat di Gampong Harus Pakai Masker

ACEH - Wali Nanggroe Tgk Malik Mahmud al-Haytar, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerja keras dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Aceh. "Saya senang dan bangga.Terima kasih atas usaha bapak-bapak semua dalam rangka melindungi rakyat Aceh dari pandemi ini," ujar Malik Mahmud.

Namun demikian, ia mengajak semua pihak untuk bekerja lebih masif lagi terutama untuk menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat khususnya yang berada di gampong-gampong. Sebab, kata Wali Nanggroe, dirinya masih menemukan banyak masyarakat di gampong yang enggan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan.

"Tolong perhatikan dan didik masyarakat di gampong agar mereka mau memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan lainnya. Kita harus turun melihat masyarakat di gampong," kata Wali Nanggroe seperti disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto SSTP MM, kepada wartawan, Kamis (29/7/2021) sore.

Selain Wali Nanggroe, Kapolda Aceh, Irjen Pol Drs Wahyu Widada MPhil, Pangdam Iskandar Muda (IM), Mayjen TNI Achmad Marzuki, dan Kajati Aceh, Dr Muhammad Yusuf SH MH, juga ikut memberikan arahan kepada seluruh bupati/wali kota.

Secara umum, pejabat yang masuk dalam unsur Forkopimda Aceh itu menyampaikan agar pelacakan pasien Covid-19 lebih proaktif dan pengujian sampel dilakukan lebih cepat. Dengan pelacakan yang lebih cepat, diyakini bisa menurunkan angka kematian dan meningkatkan angka kesembuhan bagi pasien Covid-19 di Aceh.

Sementara itu, sejumlah bupati/wali kota yang berbicara dalam forum itu mengatakan, tidak ada kendala dalam pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat di daerah mereka. "Dari semua indikator, Abdya tidak ada masalah. Mohon support kami. Minat masyarakat untuk mengikuti vaksinasi juga sangat tinggi. Sehingga kita selalu kekurangan vaksin. Mungkin kami minta tolong prioritaskan pengiriman vaksin ke Abdya," kata Bupati Abdya, Akmal Ibrahim SH.

Untuk itu mari sama - sama kita memutus mata rantai penularan Covid-19 yang sangat berbahaya ini dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan, masyarakat Gampong atau masyarakat desa harus terus diberikan sosialisasi agar mereka mengerti tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan Covid-19.