Dua Warga Tobat Diamuk Massa

TAPSEL - Nekat mencuri batre menara telekomunikasi, dua pria asal Kota Padangsidimpuan, nyaria tewas dimassa warga Desa Marsada, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara, Kamis (31/8/2017).

Kedua pelaku berinisial YH, (28) dan AS (28), keduanya berasal dari Kampung Tobat, Kelurahan Tobat, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan. Dari tangan pelaku, polisi menyita barang bukti berupa, 4 buah batre menara telekomunikasi, satu unit mobil dengan nomor polisi B 1277 KZL dan satu buah gunting besi.

Informasi yang dihimpun medanmerdeka.com, kedua pelaku awalnya mencoba melarikan diri setelah melakukan aksinya. Melihat kejadian itu, warga yang sudah mengetahaui tindakan pelaku melakukan pengejaran dengan cara dikepung. Namun, YH da AS tetap nekat mau melarikan diri dengan kendaraan. Akhirnya, warga yang sudah emosi memecahkan kaca bagian belakang mobil. Selanjutnya, warga langsung mengeluarkan mereka dari dalam mobil.

Beruntung, petugas kepolisian langsung datang ke lokasi kejadian untuk mengamankan pelaku dari amukan massa."Keduanya sempat diamuk massa karena mencoba melarikan diri,"ujar Kasat Reskrim Polres Tapsel, AKP Cahyadi kepada wartawan ketika dihubungi melalui telepon selulernya. Saat ini, jumlah kerugian atas tindakan kedua pelaku sebanyak Rp20 juta.

Diduga, sebelum bereaksi para pelaku sudah mensurvey barang yang akan dicuri. Keduanya sengaja membawa mobil dengan tujuan untuk pengangkut benda hasil curian. "Kami sedang mekukan penyelidian terhadap keduanya, karena ada kecurigaan, mereka komplotan pencuri spesialis menara telekomunikasi,"tandasnya. (thoriq)