Akhyar Dampingi Pangdam I/BB Serahkan Kursi Roda

MEDAN - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mendampingi Pangdam I/BB Mayjen TNI M Sabrar Fadillah memberikan bantuan kursi roda kepada masyarakat di Lapangan Benteng Medan, Selasa (10/12/2019). Pemberian kursi roda tersebut dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD tahun 2019 yang mengusung tema "TNI Angkatan Darat Adalah Kita".

Peringatan Hari Juang TNI AD merupakan bentuk refleksi mengenang Pertempuran Ambarawa di Jawa Tengah sekaligus wujud dedikasi, perjuangan dan pengorbanan bagi para prajurit yang berjuang mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari tentara sekutu. Untuk itu, melalui peringatan ini diharapkan para prajurit semakin menumbuhkan rasa patriotismenya dalam menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI.

Selain pemberian kursi roda, peringatan Hari Juang TNI AD yang dulunya disebut Hari Infanteri dan Hari Juang Kartika ini juga diisi dengan kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan seperti operasi bibir sumbing gratis, khitanan massal, operasi katarak, donor darah serta cukur rambut gratis. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk kecintaan TNI kepada rakyat. Sebab, rakyat adalah ibu kandung bagi TNI.

Dalam sambutannya Pangdam I/BB Mayjen TNI M Sabrar Fadillah mengucapkan rasa terima kasih atas bantuan dan dukungan semua pihak, termasuk Pemko Medan sehingga acara tersebut dapat terselenggara. Dirinya juga berharap, momentum peringatan Hari Juang TNI AD menjadi perekat dan pererat rasa persatuan dan kesatuan antar unsur TNI dengan semua stakeholder terkait dalam menjaga bersama keutuhan NKRI.

"Kegiatan ini menjadi wujud kecintaan kami kepada rakyat. Sebab, TNI lahir dari rakyat dan akan berjuang bersama rakyat sampai kapanpun. Terlebih bagi para prajurit, momentum ini menjadi pengingat dan meningkatkan jiwa patriotisme serta jiwa korsa layaknya Panglima Besar TNI Jenderal Soedirman kala itu saat mempertahankan NKRI," kata Pangdam.

Mengusung tema "TNI Angkatan Darat Adalah Kita", Pangdam mengatakan hal tersebut memiliki maksud dan makna bahwa TNI akan selalu ada untuk rakyat dan berjanji setia menjaga NKRI. "Kami yakin, kekuatan ini datang dari rakyat. Namun, kami juga mengajak kita semua bahu-membahu bersama-sama menghadapai berbagai persoalan yang mengancam keutuhan dan ketenangan ibu pertiwi," serunya.

Plt Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi pun mengucapkan apresiasi dan selamat kepada korps TNI AD atas peringatan Hari Juang Tahun 2019 tersebut. Mantan anggota DPRD Medan tersebut berharap semangat patriotisme sebagai seorang prajurit dapat terus tercurah untuk menjaga keutuhan, kedamaian dan ketentraman NKRI termasuk Kota Medan sebagai rumah bersama yang harus dijaga.

"Kami (Pemko Medan) mengucapkan selamat Hari Juang TNI AD. Semoga semangat juang para prajurit dan menjadi semangat juga bagi kita semua warga Kota Medan untuk melakukan dan memberikan yang terbaik bagi kemajuan Medan Rumah Kita dalam segala bidang sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat yang dapat dirasakan secara adil dan merata," bilang Plt Wali Kota.

Komentar

Loading...