Hasyim Berharap Honor PHL di Dinas PU Medan Dapat Segera Dicairkan

MEDAN - Para tenaga kerja harian lepas (PHL) di Dinas Pekerja Umum (PU) Medan diketahui belum menerima honor terhitung sejak buan Januari sampai bulan April tahun 2021 ini. Akibatnya, para PHL terpaksa harus meminjam atau berhutang kepada teman ataupun tetangga mereka untuk menutupi kebutuhan hidup sehari-hari mereka menunggu Pemko Medan mencairkan gaji mereka.

Menurut pengakuan salah seorang PHL di Dinas PU Medan, yang meminta namanya dirahasiakan, sejak bulan Januari sampai April 2021, mereka (para PHL-red) yang bekerja di Dinas PU Medan belum ada menerima gaji. Sementara mereka diharuskan bekerja maksimal untuk memperbaiki infrastruktur di kota Medan. "

"Kalau saya sendiri sih tidak apa-apa pak, paling bisalah numpang sana-sini, namun bagaimana dengan anak dan istri saya, mereka juga butuh vitamin dan uang belanja buat keperluan sehari-hari, apalagi saat ini pandemi Covid-19, janganlah sampai keluarga kekurangan gizi akibat suami tidak mampu memberi uang belanja kerumah,"ucap nya. Senin (5/4/2021).

Diakui oknum PHL yang telah bekeluarga dan memiliki dua orang anak ini, bahwa dirinya sudah lama bekerja sebagai PHL di Dinas PU Medan dan sangat mencintai pekerjaannya, meski terkadang harus bekerja sampai malam untuk menyelesaikan pengorekan parit atau pun ketika ikut perbaikan jalan. Apalagi saat ini, mereka para PHL dituntut bekerja maksimal.

"Saya hanya berharap Pemko Medan melihat kami para PHL yang benar-benar bekerja dilapangan, untuk diperhatikan kebutuhan kami dirumah,"ujarnya singkat.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim, SE saat diminta tanggapannya oleh awak media tekait belum dibayarkannya gaji para PHL di Dinas PU Medan mengatakan, pertama sangat mengapresiasi kinerja Walikota Medan untuk menjadikan Kota Medan ini semakin lebih baik, terutama perbaikan infrastruktur, baik Jalan, Drainase, dan parit sulang-saling, termasuk juga terobosan-terobosan lainnya. Seharusnya kinerja Walikota Medan yang masih muda ini dapat dijadikan contoh dan motivasi bagi para OPD untuk turut mendukung agar kota Medan dapat berubah seperti yang diharapkan bersama tidak lagi banjir. Kedua, DPRD Medan juga berterimakasih kepada Walikota Medan yang telah mengembalikan gaji honor yang sempat turun menjadi normal kembali.

"Dari sini saya juga yakin, bahwa secepatnya gaji para PHL di Dinas PU Medan juga akan segera diperhatikan oleh Wali Kota Medan tersebut," ujar Hasyim. Sambung Hasyim, apalagi ditengah pandemi Covid-19 saat ini, pemerintah juga berupaya menjaga agar masyarakat dapat menjaga kesehatan dan menkonsumsi vitamin serta gizi agar stamina tetap fit sehingga tidak mudah terserang penyakit termasuk virus Corona (Covid-19).

" Agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari termasuk penyediaan gizi untuk peningkatan imun tubuh mereka, diperlukan biaya sehingga, saya yakin pemko Medan tidak akan tinggal diam melihat adanya PHL baik dari OPD lain termasuk di Dinas PU Medan tidak gajian apalagi sampai 3 bulan,"terang wakil rakyat dari Dapil 4 kota Medan ini.

Hasyim juga berharap agar masyarakat Kota Medan tetap menjaga kesehatan dan selalu mengikuti Prokes Covid-19 dengan rajin memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan yang berlebihan termasuk salah satunya rajin berolahraga.