Hj Nurul Akhyar Serahkan Hadiah Pemenang Lomba HKG & PKK KB Kes

MEDAN - Pelaksana tugas (Plt) Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Medan Hj Nurul Khairani Akhyar menyerahkan hadiah bagi pemenang Lomba Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-48 dan Lomba PKK KB-Kes Kota Medan Tahun 2020 di Aula Kantor Kelurahan Sei Sikambing D, Kecamatan Medan Petisah Jalan Sei Bahkapuran Medan, Jumat (25/9/2020).

Penyerahan hadiah ini merupakan rangkaian dari kegiatan dalam rangka memperingati HKG PKK ke-48 dan Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Kota Medan Tahun 2020. Para peserta lomba telah dievaluasi sejak Februari dan Maret lalu, sehingga ditetapkan siapa pemenangnya.

"Penyerahan hadiah pemenang lomba baru dapat kita laksanakan pada hari ini akibat  pandemi Covid-19 yang terjadi. Saya mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang lomba. Semoga prestasi yang diraih ini dapat memotivasi kegiatan-kegiatan PKK di wilayah kerja masing-masing," kata Hj Nurul Khairani.

Kepada peserta yang belum berhasil mendapatkan prestasi, Hj Nurul Khairani berharap agar tidak berkecil hati dan terus semangat untuk melakukan evaluasi dan perbaikan sehingga pada tahun-tahun mendatang dapat memperoleh prestasi yang terbaik. "Jadikan kegagalan ini sebagai evaluasi, insya Allah tahun depan dapat meraih prestasi yang lebih membanggakan lagi," ungkapnya.

Di kesempatan itu Hj Nurul Khairani menyampaikan permohonan maaf atas tugas-tugas yang belum terlaksanakan, sebab mulai Jumat (25/9/2020) sampai 5 Desember 2020 akan memasuki masa cuti sementara bersama Plt Wali Kota Medan. Meski demikian selama menjabat selaku Plt Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Nurul Khairani mengaku sudah banyak meraih prestasi berbagai kegiatan perlombaan yang membawa nama baik Kota Medan, baik tingkap provinsi maupun nasional.

"Alhamdulillah, semua keberhasilan itu kita raih berkat kerja sama dan dukungan penuh dari seluruh TP PKK Kota Medan, kecamatan dan kelurahan selama ini. Semoga di masa mendatang kerja sama seperti ini dapat terus kita jalin dan tingkatkan lagi," harapnya.

Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan Khairunnisa Mozasa menyambut baik digelarnya kegiatan tersebut. Dia berharap PKK terus menggelar kegiatan yang sifatnya meningkatkan kualitas hidup keluarga dengan mengutamakan sumber daya manusia.

Keberadaan PKK imbuh Khairunnisa, diharapkan dapat menjadi pembangkit perekonomian keluarga dan masyarakat, sebab PKK merupakan salah satu unsur penggerak pembangunan dan juga agen perubahan yang sangat dekat dengan masyarakat. Terkait itu, Khairunnisa ingin program yang telah dicanangkan Pemko Medan dapat disosialisasikan di tengah-tengah masyarakat melalui kader dan penggerak PKK.

"Saya harap seluruh kader dan penggerak PKK beserta jajarannya dapat memadukan gerak langkah dalam menjalankan program pemberdayaan masyarakat, khususnya kesepuluh program pokok PKK. Di samping itu  saya juga ingin kader dan pengurus PKK dapat mensosialisasikan program Pemko Medan kepada masyarakat," harap Khairunisa.

Ada pun pemenang seluruh perlombaan dalam rangka memperingati HKG PKK ke-48 dan Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Kota Medan Tahun 2020 selengkapnya, yakni Kategori Lomba Tertib Administrasi PKK, juara 1 Kelurahan Dwikora, Kelurahan Sukaramai II (juara 2), dan Kelurahan Sei Agul (juara 3).

Selanjutnya untuk kategori Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), juara 1 Kelurahan Tegal Sari III, Kelurahan Martubung (juara 2) dan Kelurahan Labuhan Deli (juara 3). Lalu, kategori Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) dengan Penuh Cinta Kasih Sayang, juara 1 Kelurahan Mabar, Kelurahan Sei Putih Timur I (juara 2), dan Kelurahan Hamdan (juara 3).

Kemudian Inspeksi Visial Asam Asetat (IVA TEST), juara 1 Kecamatan Medan Marelan, Kecamatan Medan Timur (juara 2), dan Kecamatan Area (juara 3). Sedangkan untuk lomba  Kesatuan Gerak KB Kesehatan, Kelurahan Sunggal juara 1, Kelurahan Polonia (juara 2), dan Kelurahan Mabar Hilir (juara 3).