Ihwan Ritonga Siap Maju Jadi Wali Kota Medan

MEDAN – Tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Medan 2020 baru akan dimulai menjelang akhir tahun 2019. Namun, sejumlah nama digadang-gadang siap maju dan bertarung sebagai kontestan untuk menjadi Medan 1.

Nama-nama yang muncul ke permukaan, diantaranya Ihwan Ritonga (Wakil Ketua DPRD Kota Medan), Dzulmi Eldin (Walikota Medan sekarang), Akhyar Nasution (Wakil Walikota Medan sekarang), Wirya Alrahman (Sekda Kota Medan sekarang), M. Syafii (mantan birokrat Pemprovsu). Nama-nama lain diprediksi akan muncul menjelang detik-detik pendaftaran.

Ihwan Ritonga kepada wartawan di Medan, Selasa (18/6/2019) mengaku siap maju sebagai kandidat di Pemilukada Kota Medan 2020. “Jika ditunjuk partai, saya siap,” tegas Ihwan Ritonga.

Ihwan mengatakan, di dalam Partai Gerindra ada mekanisme tersendiri dalam menentukan figur yang akan diusung dalam Pemilukada. Partai Gerindra sendiri, sebut Ihwan, banyak figur atau sosok yang bisa dimajukan sebagai kandidat pada pesta rakyat Kota Medan itu.

“Jadi, di Partai Gerindra bukan saya saja. Masih banyak figur lain. Di partai sendiri juga ada mekanisme dalam menentukan serta mengusung seseorang sebagai kandidat. Kalau akhirnya nanti partai menunjuk saya, saya siap,” tegas Ihwan lagi.

Disinggung sosoknya disandingkan dengan PKS nantinya, Ihwan, mengatakan bisa saja. “Segala kemungkinan itu bisa saja terjadi, apalagi komunikasi antara Partai Gerindra dengan PKS selama ini juga berjalan cukup baik. Tapi, kita lihat nanti karena waktunya masih cukup lama untuk menentukan sosok yang akan diusung,” ujarnya.