Komisi A DPRD Medan Pertanyakan Izin Manhattan Mall

Medanmerdeka.com - Anggota Komisi A DPRD Medan Roby Barus mempertanyakan kelengkapan izin pembangunan gedung Manhattan Mall dan Condominium di Jalan Gatot Subroto Medan. Dia juga mendesak Pemko Medan menindak tegas jika pihak manajemen belum mengantongi kelengkapan izinnya. Sebelumnya lantai 37 gedung pencakar langit itu rubuh.

“Kelengkapan izin bangunan pencakar langit itu perlu dipertanyakan," kata Roby Barus kepada wartawan, Minggu  (11/2/2018).

Roby menduga bangunan Manhattan Mall belum melengkapi sejumlah. Seperti Izin Analisa Mengenai Dampak Lingkungan Lalu Lintas (AMDAL Lalin) dari Kementerian Perhubungan. Dugaan pelanggaran surat izin mendirikan bangunan (SIMB) dari Pemko Medan, dugaan pelanggaran izin Keterangan Situasi Bangunan (KSB).

“Izin garis Sempadan Bangunan (GSB) dan pelanggaran roilen badan jalan di Jalan Gatot Subroto/Gagak Hitam Medan juga patut dipertanyakan,” terangnya.
Roby mendesak Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKPPR) dan Satpol PP Kota mengawasi pembangunan agar tidak menyalahi ketentuan. Selama ini pembangunan gedung Manhattan terkesan luput dari pengawasan.

“Kita khawatir banyak penyimpangan yang terabaikan. Kita tidak setuju jika pembangunan malah berdampak buruk, apalagi dalam hal estetika Kota Medan," ujarnya. (am/mm)