Picu Kemacetan, PKL Jalan Candi Prambanan Dibersihkan

Medanmerdeka.com - Kecamatan Medan Petisah bersama tim Satpol PP menertibkan PKL di sepanjang Jalan Candi Prambanan, Kelurahan Petisah Tengah. Disamping kerap menimbulkan kemacetan lalulintas, keberadaan PKL juga merusak estetika wajah kota.

Camat  Medan Petisah Parlindungan Nasution mengatakan, sebelum dilakukan tindakan tegas dengan melakukan pembongkaran, pihaknya sudah melayangkan pemberitahuan kepada PKL agar membuka sendiri lapak dagangannya. Namun himbauan tidak digubris, sehingga dengan terpaksa dilakukan tindakan tegas.

Penertiban yang berlangsung Selasa (13/2/2018) pukul 10.00 WIB, membuat PKL panik menyelamatkan dagangannya. Dalam waktu cepat, PKL mengangkut barang jualannya dari kios lapak yang bertengger di atas parit/drainase milik Pemko Medan.

Seratusan petugas gabungan Satpol PP , Kelurahan dan kepling dilibatkan membongkar paksa lapak-lapak pedagang yang sebagian terbuat dari kayu dan papan berjajar di atas drainse. Rongsokan-rongsokan kayu-kayu tersebut diangkut menggunakan truk. Ke kantor Satpol PP Kota Medan.

Usai penertiban, Parlindungan mengingatkan kepada seluruh pedagang agar tidak berjualan kembali di kawasan tersebut.  “Di samping mengganggu estetika dan menyebabkan terjadinya kemacetan arus lalu lintas,  peraturan pun melarang  para pedagang berjualan di atas fasilitas umum,” jelasnya.

Guna mencegah pedagang kembali berjualan, Parlindungan akan menurunkan sejumlah jajarannya untuk melakukan pengawasan. “Apabila ditemukan ada pedagang yang berjualan kembali, kita langsung datang melakukan penertiban.  Sekali lagi saya tegaskan, kawasan ini bukan tempat berjualan,” pungkasnya. (amri/mm)